soto belitung

5 11 2009

soto-belitung

akhirnya datang juga ayam kampung yang ditunggu2 itu… jadi deh bikin soto belitung :D

soto belitung ini kaya banget rasanya. enak sekali disantap sama lontong, atau nasi anget..

soto belitung:
bahan:
-
1 ekor ayam kampung, potong jadi 4 bagian.
- 250 ml santan kental
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 5 batang serai, ambil bonggolnya (k/l 10 cm), geprek
- 10 lembar daun jeruk
- 1 ruas jahe, geprek

bumbu halus:
- 10 siung bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar sangrai
- 8 butir kemiri
- 8 cm kunyit
- 1/2 sdt jinten sangrai
- garam dan gula secukupnya
- daun bawang dan bawang goreng untuk taburan

cara bikinnya:
-
tumis bumbu halus hingga harum
- tambahkan jahe, lengkuas, serai dan daun jeruk
- tambahkan air secukupnya (kurleb 2 liter)
- masukan ayam, tambahkan garam dan gula, masak hingga lunak.
- keluarkan potongan ayam, ambil dagingnya lalu suwir2.
- masukan kembali suwiran daging ayam ke dalam panci.
- tambahkan santan kental. masak hingga mendidih dan semua bahan benar2 matang.
- angkat, siap disajikan.

About these ads

Actions

Information

2 responses

29 11 2010
Amiko

eh??? soto Belitung??? aku yang orang Belitung aja ngga tau resepnya…hahahahaha… tapi memang enak loh soto Belitung, Ayo Lesca, aku temanin kamu ke Belitung, ke kota kelahiran ku…. ada banyak makanan enak disana. Kamu harus nyoba Mie Belitung… itu yang paling enak loh!

6 01 2011
lescaboma

hehehe…, dulu pernah ga sengaja disuguhin soto belitung ini di rumah ponakan yang lagi lebaran. ternyata anak2 suka. jadilah sekarang sering bikin :D

mau dong, resep mie belitung nyaaa…. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 625 other followers

%d bloggers like this: