ikan bakar rica

29 04 2009

ikan-bakar-rica1

malemnya mimpi jalan2 ke bunaken. paginya jadi pengen makan ikan bakar rica😀

yuk, mari….! kita hadirkan suasana kawanua di rumah😉

kebetulan di freezer masih nyimpen 2 ekor ikan salem. beli bumbu2 di tukang sayur yang lewat depan rumah. dan tadaaa….. jadilah ikan bakar rica yang aduhai itu. bumbu rica2 nya pake resep standar orang manado. bumbu ikannya saya karang sendiri. memanfaatkan yang ada di rumah🙂 rasanya? pe sedap noh…😉

tips: menurut guru ahli bakar ikan saya dari tanjung priuk, kunci ikan bakar yang enak ada di ikannya. bukan di abang yang jualan ikannya :-p selama ikannya seger, biar cuman dikasih garem sama jeruk nipis aja, hasilnya pasti uenak.

Ingredients:
bahan ikan bakar:
ikan. bisa tongkol, salem, tuna. bebas aja, sesuai selera
kecap asin
jeruk nipis
barbeque sauce

bahan sambal rica:
minyak goreng
garam
cabe rawit merah
bawang merah
bawang putih
jahe
perasan jeruk nipis

Directions:
– bersihkan ikan. buat beberapa sayatan di masing2 permukaannya.
– lumuri ikan dengan campuran kecap asin, barbeque sauce dan perasan jeruk nipis
– diamkan k/l 1 jam
– bakar/panggang ikan sampai matang.
kemarin saya bakar ikannya di atas kompor aja, pake penggorengan berlapis teflon yang permukaannya datar. aromanya emang sedikit lain kalo dibandingkan dengan ikan yang dibakar langsung di atas bara api. tapi manggang di atas kompor lebih praktis. ga terlalu banyak asap dan ga repot bersiin sisa2 arengnya😀

cara bikin sambal rica:
– haluskan cabe rawit merah, bawang merah dan sedikit garam.
– panaskan minyak goreng. (agak banyak, sampai semua bumbu terendam minyak)
– masukan bumbu yang sudah dihaluskan. goreng sampai wangi.
– masukan perasan jeruk nipis. aduk, masak sampai sambal matang.
– siramkan sambal rica di atas ikan bakar. atau kalau mau dicocol2 juga bisa.


Actions

Information

2 responses

27 05 2009
panada « my everyday cooking

[…] di rumah punya sisa ikan tongkol yang udah dibakar bumbu rica. itu aja deh yang kita pake buat […]

22 02 2010
ta

waooooooooo…ini pasti lezat………pasti saya coba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: