opor ayam sederhana

30 04 2009

opor-ayam

kalau dalam dunia perpajakan, ada yang namanya faktur pajak sederhana. kalau di dapur saya, ada yang namanya opor ayam sederhana. kenapa namanya sederhana, karena bumbunya udah disederhanakan, hanya pake bumbu2 pokok yang wajib aja๐Ÿ˜€

sudah beberapa hari sebelumnya, bianca bolak balik minta dimasakin opor ayam, tapi sayanya ga sempet2 terus. waktu saya tawarin buat beli aja yang udah mateng, bianca ga mau. “ntar kalau opornya beli aku takut sakit perut”

hehehe…, kalau ibu yang masak sih emang, insyaallah, ga bakalan bikin sakit perut. entah kalau sakit hati… :-p

tapiiii…, walaupun sederhana. rasanya teteuuup enak. buktinya bianca makannya sampe nambah2๐Ÿ˜€

monggo.., kalau ada yang mau nyoba๐Ÿ˜‰

Ingredients:
1 ekor ayam, potong 8 atau sesuai selera
5 siung bawang merah
8 siung bawang putih
5 butir kemiri
k/l 2 cm lengkuas
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
garam secukupnya
santan (saya pakai santen sun kara, 100 ml)
minyak goreng untuk menumis
air k/l 800 cc

Directions:
– cuci bersih ayam, tiriskan
– haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam. kalau menghaluskannya pake blender, jangan lupa tambahkan k/l 2 sdm minyak goreng. biar ga lengket.
– panaskan minyak di atas wajan. tumis bumbu halus sampai harum
– masukan lengkuas dan serai
– masukan potongan ayam, aduk2 haingga rata dan ayam jadi setengah mateng.
– campur 100 ml santen kental dengan air, masukan dalam wajan. kalau wajannya kekecilan, pindahin ke dalem panci. biar ga tumpah2๐Ÿ˜€
– masukan daun jeruk. tambahkan garam dan penyedap rasa bila perlu. masak hingga ayam benar2 matang.

gampil kaaannn…๐Ÿ˜‰


Actions

Information

One response

30 04 2009
gudeg komplit « my everyday cooking

[…] – masak sampai nangka benar2 matang dan bumbu meresap. – sajikan dengan sambel goreng kerecek dan opor ayam notes: -daun jati dipakai untuk memberikan warna merah pada gudeg. kalau tidak ada daun jati, bisa […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: