sambel petis

30 04 2009

sambel-petis1

bapak doyaaan banget sama sambel petis. kalau lagi punya persediaan petis di rumah, masak apa aja mesti dikasih campuran petis. mulai dari tumis kangkung, telur bumbu merah yang pedes itu, atau sekedar dijadiin sambel buat cocolan tahu goreng & kerupuk. mungkin suatu saat saya juga bakalan nyobain sambel petis ini buat campuran topping spaghetti… siapa tau enak😀

jadi waktu minggu lalu bapak ke surabaya, bisa ditebak, pulangnya saya dibawain oleh2 petis. (sebenernya ini oleh2 buat istrinya atau buat sendiri ya? :-p ) yaahhh, buat bersama lah… kan bahagiaku bahagiamu juga…😉

beberapa bulan yang lalu sebenernya saya udah pernah bikin sambel petis dengan oma dan eyang dwi dari sidoarjo sebagai mentornya. tapi udah lupa lagi… :-p jadi kemarin waktu bapak minta dibikin sambel petis, saya sempet bengong2 dulu bentar. mikir bahannya apa aja ya? terus urutan bikinnya gimana? untung saya punya pakdhe yang sodaraan sama deodorant rexona: setia setiap saat😀

tapi oh may gad, persediaan bahannya ga lengkap. udah malem pulak, jadi ga mungkin lagi lari ke indomaret. ya sutra…, dimodifikasi aja sedikit😀

bak… buk… bak.. buk… jadilah sambel petis ibu boma ini. kok namanya ibu boma? bukan ibu lesca? dulu saya pernah cerita2 sama bapak kalau saya pengen buka usaha warung nasi😉 tapi kata bapak ga pantes. “rumah makan ibu lesca”. kalo prediksi bapak sih pasti ga lakunya :-p “kalau rumah makan atau warung nasi itu pantesnya: rumah makan ibu endang. atau griya dahar ibu sri. atau nasi gudeg mbok suharti…” gitu katanya…

lha, kalau ibu lesca, pantesnya punya bisnis apa dong? yaaa…, mungkin punya perusahaan telekomunikasi: lesca telekomunika. atau maskapai penerbangan: lesca air…😀

amin… amin… amin…

tapi after all, sambel petis ini uenakkkke puolll… sekali nyocol ga iso mandek rek!!

Ingredients:
2 sdm petis
10 siung bawang putih, iris, goreng sampai kecoklatan dan harum
15 buah cabe rawit merah (saya lebih suka pake yang merah dari pada yang hijau. baunya lebih sedep, efek seuhahnya lebih nendang)
gula merah, secukupnya
kecap manis, kira2 2 sdm
air mateng secukupnya, kira2 5 sdm
garam, 1 sdt
cuka, 1 sdt

(umunya sambel petis pake kacang goreng yang dihaluskan. saya ga pake, lagi ga punya… ada juga kacang panjang. itu juga udah layu banget, kelamaan dalem kulkas.

Directions:
campur dan haluskan: bawang goreng, garam, cabe rawit, gula merah. (diulek aja, jangan pake blender, entar lengket kemana2)
campurkan petis, aduk rata
campurkan kecap manis, cuka & air anget. aduk lagi.
jadi dweeehhhh…..😀


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: