wajik ketan

30 04 2009

wajik

almarhum papi saya suka banget sama wajik. beliau emang cinta berat sama semua jenis jenang dan wadai2 manis kayak gitu. makanya bertahun2 harus berteman dengan diabetes😦

waktu saya kecil, papi suka bikin wajik ketan. seinget saya kalau bikin buanyak banget dan baru abis setelah berhari2. tapi jaman segitu saya ga begitu suka wajik. kalaupun makan, biasanya cuman 1 atau 2 potong aja.

tiba2 minggu lalu saya ketemu lagi sama wajik ketan di blognya ina. langsung kepengen! belum sempet bikin, beberapa hari kemuadian jalan2 ke rumahnya sussie, eh disuguhin wajik ketan lagi. tambah ga tertahankan deh hasrat untuk ikut2an bikin wajik. sayang, bokap udah ga ada…

so, pagi itu, setelah beberapa hari nahan2 iler gara2 ngidam wajik, sambil nunggu anak2 pulang sekolah, saya mulai bergerilya di dapur. kebetulan semua bahan lengkap. sip!

setelah bertahun2 ga makan, wajik yang saya bikin kemarin itu rasanya uenaaakk… banget! setengah kilo ketan, hampir semuanya saya makan sendiri. bangun tidur sarapan wajik, makan siang wajik juga. belum bosen, malemnya makan wajik lagi… habis dalam waktu 3 hari saja😀

buat yang mau ikutan pesta wajik…😉 monggo dicoba …

Ingredients:
1/2 kg ketan
300 gr gula merah
2 gelas santen encer (saya pake santen kara 130 ml, terus ditambahan air k/l 1 1/2 gelas air
3 lembar daun pandan
1 sdt garam

Directions:
– cuci bersih ketan, rendam kira2 2 jam
– kukus ketan 15-20 menit, sampe jadi setengah mateng
– sambil nunggu ketan dikukus, rebus santan, gula merah dan garam sampai mendidih. masukan daun pandan
– masukan ketan yang sudah dikukus dalem rebusan santan, aduk2 terus sampai santan habis dan adonan ketan jadi lengket
– kukus lagi sekitar 20 menit, sampe ketan bener2 mateng
– alasi wadah/loyang bentuk kotak dengan daun pisang
– masukan ketan, cetak dengan cara diteken2
– dinginkan. setelah bener2 dingin, potong2 bentuk wajik.

karena ga sabar, kemarin belum dingin betul wajiknya udah saya potong2. jadi bentuknya rada ga rapih… hehehe, ya begitulah hukuman buat orang nggragas yang ga sabaran :-p


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: