sate padang

sate-padang

ternyata bikinnya ga terlalu susah. walaupun bumbu2nya lumayan banyak, tapi semua gampang didapat. bisa di super market, atau di pasar2 tradisional juga banyak.

biasanya bahan dasar sate padang adalah lidah sapi. tapi kalau ga ada, bisa diganti sama daging sapi. daging di bagian pipi sapi adalah yang teksturnya paling mirip sama lidah.

di tanah aslinya, sate ini dibakar sesaat sebelum disajikan dengan menggunakan arang dari tempurung kelapa. tapi karena alasan kepraktisan, kemarin saya manggang satenya di atas kompor, pake teflon aja. lagi males manjat2 pohon kelapa. hehehehe πŸ˜€

bumbu-sate-padang

bahan:

lidah sapi
air untuk merebus
1 lbr daun kunyit
10 lbr daun jeruk purut
5 btg serai memarkan
k/l 1 sdm asam kandis
10 buah cabe merah
2 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt merica bulat
1 sdm jintan, sangrai
15 siung bawang merah
8 siung bawang putih
k/l 3 cm kunyit, cingcang
k/l 3 cm jahe, cingcang
k/l 5 cm lengkuas, memarkan
garam secukupnya
50 gr tepung beras

cara bikinnya:
– rebus lidah dengan semua bumbu sampai empuk.

sate-padang-step1

– setelah empuk, angkat. buang bagian atas lidah yang kasar, potong2 kurleb 2 x 2,5 cm. tusukkan 4-5 potongan lidah di bamboo screwer (tusuk sate)

sate-padang-step2

– bakar/panggang sate yang sudah diolesi sedikit minyak goreng, sebentar saja, sampai tercium bau harumnya. angkat

sate-padang-step3

– ambil kurleb 500 cc kuah kaldu, didihkan di atas api. larutkan tepung beras dengan sedikit air. masukan larutan tepung beras ke dalam air kaldu. masak sambil diaduk2 sampai kuah menjadi kental.

sate-padang-step4

– siramkan saus kental di atas sate. sajikan dengan taburan bawang goreng dan lontong/nasi.

bubur kacang ijo ketan item

burjo-tem

sebenernya saya ga punya catetan resmi tentang berapa ukuran bahan2 yang dipake buat bikin bubur ini. jadi, dikira2 aja yaaa…

kacang ijo dicuci bersih. abis itu rebus sama daun pandan sampai lunak. kalau sudah lunak,Β  lalu masukan air gula merah yang udah disaringΒ  dan susu kental manis sesuai selera. kalau sudah cukup empuk dan rasanya sudah sesuai selera, angkat.

abis itu, rebus ketan item sampai cukup lunak, masaknya pake api kecil sambil diudek2. kalau sudah matang dan tingkat kekentalannya sudah sesuai selera, angkat.

buat siramannya, siapkan 500 ml santan encer + 2Β  sdm gula pasir + daun pandan + 2 sdm maizena yg dilarutkan dlm air.

jadi deh…

yang pasti, burjo yang ini enak banget. mau dimakan anget2 buat sarapan, atau dimakan chilled alias dingin buat camilan juga okey.

nasi tim ayam

nasi-tim-ayam

dulu, saya ga doyan sama yang namanya nasi tim. terlalu lembek. tapi setelah pacaran sama boss besar, jadi suka banget πŸ˜›

gara2nya, pas jaman pacaran dulu sering banget diajak makan nasi tim ayam merk gizi yang ada di lapangan gasibu bandung. lama2 kok enak juga ya… gimana mau ga enak. makan berdua sama pacar. dibayarin pula πŸ˜€

sayangnya, walaupun udah ada tol cipularang, kalau tiba2 kangen sama nasi tim ayam gizi itu, bandung bisa jadi mendadak berasa jauh. dan seperti biasa, kalau ga bisa ke bandung, pelariannya ya ke dapur aja πŸ˜‰

bahan
ayam:
250 gr daging ayam tanpa tulang, potong kira2 2x2x2 cm
150 gr jamur merang, potong2 seukuran potongan ayam
5 siung bwg putih
2 sdm saus tiram
2 cm jahe, geprek
1 sdt tepung sagu
air secukupnya
kecap ikan, garam, gula, kecap manis secukupnya

nasi:
700 gr beras cuci bersih
3 siung bwg putih
air kaldu secukupnya

pelengkap:
– telur asin, kupas belah 2
– air kaldu, campur dengan irisan bawang daun dan kecap asin

cara bikinnya:
ayam:
tumis bawang putih sampai harum, masukkan jahe
– masukkan ayam, masak hingga setengah matang
– masukan saus tiram, kecap manis, kecap asin dan air secukupnya
– masukan potongan jamur merang, aduk rata. masak hingga ayam dan jamur matang
– setelah matang beri campuran tepung sagu dan air, adukΒ  hingga kaku
– angkat, sisihkan

nasi :
– tumis bawang putih
– masukkan beras aduk2 hinga tercampur
– tambahkan kaldu, aduk rata
– masukan beras ke dalam rice cooker
– setelah nasi matang (bunyi klik), langsung keluarkan nasi dari dalam rice cooker, aduk2 hingga rata
– siapkan mangkuk tahan panas untuk mencetak nasi.
– letakan telur asin yang sudah dibelah di bagian dasar mangkuk
– susun ayam hingga menutupi meluruh bagian dasar mangkuk.
– masukan nasi, padatkan. siram dengan beberapa sendok air kaldu
– kukus sampai nasi benar2 matang (k/l 15 menit)
– angkat. sajikan hangat







pisang keju

pisang-keju

kapan hari, saya dapet kiriman pisang pontianak rada banyak. dibikin pisang goreng udah. dibikin kolak juga udah, walaupun ga begitu laku πŸ˜› masih ada sisa, iseng2 bikin pisang bakar keju. ternyata enak juga ya πŸ˜€

bikinnya gampang banget kok. pisang dikupas, terus diolesin mentega. abis itu dipanggang di atas pan atau penggorengan yang dilapisi teflon. sambil dipanggang sambil diteken2 sampe rada penyet. kalau udah mateng di satu sisi, balik.

kalo udah mateng kedua sisinya, angkat. siram dengan madu, terus kasih taburan keju parut.

mudah, dan enak πŸ˜€

panada

panada1

udah beberapa hari kangen pengen makan panada. sebenernya di depan indomaret sebrang komplek ada juga yang jual. tapi kok kayaknya kurang puas ya… πŸ˜› abis kalo beli, biasanya isinya cuman dikiiiittt…. jadi kayak makan terigu goreng. hehehe…

kebetulan di rumah punya sisa ikan tongkol yang udah dibakar bumbu rica. itu aja deh yang kita pake buat isinya πŸ˜€

hhmmm…, roti goreng yang empuk, dengan filling ikan yang pedes. bikin 16 biji. habis dalam sekejap πŸ˜€

bahan adonan roti:
1 sdt yeast butiran
25 ml air hangat
250 g tepung terigu
1 butir telur ayam
2 sdm gula pasir
Β½ sdt garam
100 ml santan hangat

Isi:
saya pake sisa ikan bakar rica yang dibersiin tulang dan durinya. abis itu disuwir2 kecil2, sampe jadi kayak abon.

cara bikinnya:
– campur yeast dan air hingga larut dan berbuih.
– campur tepung terigu, telur, larutan yeast, gula dan garam. aduk
hingga rata.
– uleni adonan sambil tuangi santan hingga kalis.
– bulatkan dan diamkan pada suhu ruangan selama 1 jam hingga mengembang
dua kali semula.
– kempiskan adonan, bagi menjadi 16 bagian.
– gilas tiap bagian hingga tipis. Isi bagian tengahnya dengan 1 sdm
isi
– lipat dua dan pilin kelilingnya seperti pastel hingga rapat.
– goreng di atas api sedang hingga kuning kecokelatan.
– angkat dan tiriskan.