tumis terong bumbu jahe

4 05 2009

tumis-terong

almarhum papi saya dulu anti pati sama yang namanya terong ungu. sampai suatu hari, beliau ngicipin tumis terong buatan saya ini😀

tumis terong bumbu jahe

bahan:
– 5 buah terong ungu, potong2 memanjang bentuk korek api
– 5 siung bawang putih, iris tipis
– k/l 3 cm jahen rajang kasar
– 10 butir cabe rawit, atau sesuai selera, potong2.
– 2 batang bawang daun, potong2.
– 2 sdm kecap manis
– 1 sdt cuka
– garam secukupnya

cara bikinnya:
– goreng terong yang sudah dipotong2 sampai layu. letakan di atas absorbent paper untuk mengurangi minyak. kalau ga ada, bisa pake kertas koran.
– tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
– masukan potongan cabe rawit.
– masukan potongan terong yang sudah digoreng, aduk rata.
– tambahkan kecap manis, cuka dan garam.
– masukan irisan bawang daun, aduk rata lagi.
– angkat, siap untuk disajikan.

note:
terong ungu ini kalau digoreng akan meresap banyak minyak. jadi begitu diangkat dari penggorengan sebaiknya ditaruh di atas absorbent paper atau kertas koran dulu supaya kandungan minyaknya berkurang. jangan pake minyak bekas menggoreng bahan lain, soalnya rasa terongnya akan langsung ilang.


Actions

Information

2 responses

5 05 2009
emaknye Fee

wah syedep nih kayaknya..
suamiku juga sangat antipati ama masakan yg berbau2 terong ungu, padahal kan rasanya uenak tenan..
kira2 kalo aku masak seperti ini, dia tertarik ngga yah?

5 05 2009
lescaboma

hhmmm…., pasti suka😀 soalnya rasanya ga kayak terong pada umumnya. hehehe…
mungkin buat percobaan awal2, cobain pake campuran potongan fillet ayam atau udang bu…😉
selamat mencoba yaaaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: