american risoles

12 05 2009

amros2

aneh ya namanya😀 padahal katanya orang amerika malah ga kenal sama yang namanya risoles. tapi karna mbak fatmah bahalwan yang menciptakan resep ini ngasih nama “american risoles”, ya saya ikut aja😉

mungkin dinamakan american risoles alias amros, karena jeng  risol yang satu ini isinya smoked beef, keju dan telur. lain sama risol indonesia pada umunya, yang biasanya berisi sayuran atau ayam. tapi itu mah jaman duluuu…. risol indonesia jaman sekarang mah udah maju. isinya ga cuman sayuran. tapi bisa buah2an, daging2an, selai, keju, sepatu… hehehehe…😀

amros1

buat orang yang doyan, kayak bianca sama benaia, amros ini emang nilainya “uenak banget!” tapi buat yang ga begitu doyan keju, katanya nilainya “agak eneg”. hehehe…, kembali ke selera😀

tapi buat yang belum pernah, sempetin nyoba deh. siapa tau sampeyan juga ketagihan kayak saya😀

eh, tapi kalau mau tau bener rasa amros yang aslinya, emang harus nyoba bikin sendiri. soalnya beberapa kali saya beli di toko kue, rasanya ga ada yang senendang ini😉

Adonan kulit American Risoles:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
3 btr telur
300 ml susu cair
75 gr mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

Cara membuat:
1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
5. Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.
6. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Bahan isi :
4 lbr Smoked beef, potong kecil 2 x 2 cm
100 gr keju cheddar parut
4 btr telur rebus, potong kecil
1 butir telur, kocok lepas.
250 gr tepung panir.
½ Kg minyak goreng

Cara membuat :
1. Bentangkan crepes, isi dengan potongan smoked beef, potangan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan
2. Lakukan hingga crepes habis.
3. Celupkan crepes isi kedalam telur kocok, gulingkan dalam tepung panir.
4. Masukkan kedalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
5. Goreng hingga kuning.
6. Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.


Actions

Information

7 responses

13 05 2009
emaknye Fee

hehehe, udah nyatet nih resep dari jaman jebot, tapi lagi2 luntur semangat kalo ngeliat kudu bikin crepesnya…jadi? moga2 kapan bisa kesampean bikin amros ini😀

14 05 2009
lescaboma

sebenernya aku juga suka rada2 males bikin amros ini. bikinnya lama, abisnya cepet. hehehe😀
tapi si tuan putri doyan banget. suka ga tega kalau dia udah merengek2 minta dibikinin😛

13 05 2009
Susy

yum… sampe ngiler nih jeng ngeliat fotonya doang…
bikinnya mesti telaten nih… sedangkan aku maunya yg serba cepet.. ada yg versi kilatnya gak jeng? lol….

14 05 2009
lescaboma

versi cepatnya: telpon aja ke +62-811 sekian sekian, sekian sekian. hehehehe…😀

ntar kalau mudik aja aku bikinin ya…😉

15 05 2009
Susy

no masih yg lama kan jeng? hehehe… ntar aku kabarin nih kalo ke Jkt, ngeliat resepnya bikin laper terus soalnya😀

15 05 2009
lunch box idea #8 « my everyday cooking

[…] american risoles keju […]

23 03 2011
risoles ragout ayam « my everyday cooking

[…] kalau american risoles adalah salah satu makanan favoritnya anak2, maka risoles isi ragout ayam adalah salah satu camilan kesenengannya bapak […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: