ayam bakar kapau

26 05 2009

ayam-bakar-kapau

bumbunya dinikmatin sendirian (tanpa ayamnya) aja udah enak banget😀

bahan:
1 ekor ayam, potong 10 bagian
1 sdt garam
5 sdm minyak goreng
2 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
8 lembar daun jeruk
750 ml santan, dari 1 butir kelapa
1 sdm air asam jawa pekat

bumbu halus:
4 buah cabe merah
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri
4 cm kunyit
4 cm jahe
2 cm lengkuas
1 sdt merica
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

cara bikinnya:
1. Lumuri ayam dengan garam, sisihkan.
2. Panasan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum.
3. Masukkan serai, daun kunyit, dan daun jeruk, masak hingga bumbu matang.
4. Masukkan ayam, aduk hingga dating ayam berubah warna dan kaku.
5. Tuangi santan, masak hingga mendidih, sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
6. Kecilkan api, masak terus hingga ayam cukup matang, santan mengental dan keluar minyaknya. Tuangi air asam jawa, aduk rata, angkat.
7. Siapkan pinggan tahan panas, masukkan ayam dan bumbu ke dalam pinggan, panggang hingga berwarna kecoklatan dan harum
8. Angkat, sajikan hangat


Actions

Information

4 responses

26 05 2009
herba22

mba….aku ngiler tiap buka resep2 ini…kpn ya aku bisa masak spt ini?

27 05 2009
lescaboma

hehehe…, kalau udah nyoba pasti bisa😉

26 05 2009
emaknye Fee

wahhhhhhhhhhhhhhhhh ayam bakar…slruppppppp nekmadddddddd nian..yg ini belum juga kesampean buat bikin sendiri, soale belum punya alat buat ngebakarnya *huh alasan yg dicari2 :P*

27 05 2009
lescaboma

aku juga pake peralatan ala kadarnya kok bu. kalau rada rajin, biasanya aku manggang di atas bara. kalau pas tingkat kerajinannya pas pasan, aku manggang pake oven. kalau tingkat kerajinan sedang kendor, aku manggang pake teflon…
hihihi😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: