ayam bakar kapau

ayam-bakar-kapau

bumbunya dinikmatin sendirian (tanpa ayamnya) aja udah enak banget πŸ˜€

bahan:
1 ekor ayam, potong 10 bagian
1 sdt garam
5 sdm minyak goreng
2 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
8 lembar daun jeruk
750 ml santan, dari 1 butir kelapa
1 sdm air asam jawa pekat

bumbu halus:
4 buah cabe merah
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri
4 cm kunyit
4 cm jahe
2 cm lengkuas
1 sdt merica
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

cara bikinnya:
1. Lumuri ayam dengan garam, sisihkan.
2. Panasan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum.
3. Masukkan serai, daun kunyit, dan daun jeruk, masak hingga bumbu matang.
4. Masukkan ayam, aduk hingga dating ayam berubah warna dan kaku.
5. Tuangi santan, masak hingga mendidih, sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
6. Kecilkan api, masak terus hingga ayam cukup matang, santan mengental dan keluar minyaknya. Tuangi air asam jawa, aduk rata, angkat.
7. Siapkan pinggan tahan panas, masukkan ayam dan bumbu ke dalam pinggan, panggang hingga berwarna kecoklatan dan harum
8. Angkat, sajikan hangat

perkedel jagung

perkedel-jagung

enak buat camilan. enak juga buat dijadiin lauk nasi. saya sukanya yang rada2 kering. karena banyak juga yang suka bikin perkedel jagung yang bagian tengahnya sengaja dibuat agak basah.

ukuran bahannya semua kira2. soalnya kemarin waktu bikin ga sempet ditimbang2 πŸ˜›

best served hangat ditemenin sama cabe rawit πŸ˜‰ ga cukup 1 biji deh makannya πŸ˜€

perkedel jagung

bahan:
– 4 buah jagung manis yang masih muda
– tepung terigu dan tepung beras (perbandingannya kurang lebih 3:1)
–Β  5 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– kira2 1/2 sdt merica
– garam secukupnya
– 2 batang bawang daun, iris tipis
– oil to deep fry
– air secukupnya

cara bikinnya:
– pipil jagung, sisihkan
– campur tepung terigu, tepungtepung beras dan sedikit garam, aduk. tambahkan air secukupnya
– haluskan bawang merah, bawang putih dan merica. campur dengan adonan terigu
– masukan pipilan jagung, aduk rata
– tambahkan irisan bawang daun, aduk lagi
– panaskan minyak di wajan
– deep fry adonan jagung sampai kecoklatan dan matang


nastengel

nastengel

nastar. dan kastengel. kue kering klasik favorit sepanjang masa πŸ˜€

sssttt…., saya bisa ngabisin bertoples2 lho… πŸ˜› komplikasi antara doyan, sama nggragas πŸ˜€

nastar
sumber: budi sutomo

bahan:
250 g tepung terigu rendah protein
30 g tepung maizena
225 g mentega/margarin
20 g susu bubuk
60 g gula halus
2Β butir kuning telur
1/4 sdt garam halus
Cengkih untuk hiasan

Selai Nanas:
400 gr nanas matang, parut
200 g gula pasir
3 buah cengkih
5 cm kayu manis/ 1/4 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt garam halus

Olesan, aduk rata:
3 butir kuning telur
2 sdm susu tawar cair/ 1 sdm susu bubuk, larutkan dengan 2 sdm air

Cara Membuat:
– campur tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk rata/ayak.
– tambahkan gula halus, kuning telur, mentega/margarin dan garam ke dalam campuran tepung. Aduk dengan garpu atau mixer kecepatan rendah (gunakan satu gigi)hingga terbentuk adonan yang berbutir-butir.
– padatkan adonan dengan tangan atau sendok kayu sehingga terbentuk adonan yang bisa dipulung/dibentuk.
– ambil sejumput adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Isi tengahnya dengan 1/2 sendok teh selai nanas. Bulatkan kembali.
– atur kue yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Olesi permukaannya dengan bahan olesan. Tancapkan satu buah cengkih di atasnya.
– panggang kue dalam oven bertemperatur 150 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Simpan dalam stoples kedap udara.

Selai Nanas:
campur parutan nanas, gula pasir, kayu manis, cengkih dan garam, aduk rata. Panaskan sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan selai yang kental. Angkat, dinginkan.

tips:
jangan mengaduk adonan dengan tangan terlalu lama karena panas tangan akan mencairkan lemak dalam adonan. Akibatnya kue kering akan keras/tidak rapuh. Aduk seperlunya, asal adonan sudah bisa dibentuk. Untuk variasi rasa, selai nanas bisa diganti selai sesuai selera.

kastengel

bahan:
200 gr margarin/mentega
– 3 btr kuning telur
– 250 gr tepung terigu
– 25 gr tepung maizena
– 150 gr keju cheddar parut
– 1 sdt kaldu bubuk (optional)
– 1 btr kuning telur kocok, untuk olesan
– keju cheddar parut utk taburan

cara bikinnya:
– k
ocok margarin dan kuning telur hg pucat dan lembut
– masukkan keju parut, aduk pelan hingga rata
– tambahkan campuran tepung terigu dan maizena yg telah diayak
– aduk perlahan hingga rata
– cetak sesuai selera
– olesi kuning telur, lalu taburi keju parut
– oven dengan suhu 150 derajat hinggag kue matang

sayur asem

sayur-asem

sayur asem kok dimakan? πŸ˜€

sayur yang satu ini emang spesial sekali buat saya. ga bakalan pernah saya lupakan.

sebenernya saya ga nge-fans2 banget sama sayur asem. tapi ga tau kenapa, waktu saya pertama kali ngidam, kok ya malah pengennya makan sayur asem. sayur asem lho yaaa…, bukan sayur yang udah asem alias basi πŸ˜›

karena waktu itu jam 11 malem, waktu saya merengek2 minta sayur asem, in stead of nyariin, bapak malah ngomel2… πŸ˜€ maklum, belum pengalaman punya istri ngidam πŸ˜‰

baru besok siangnya kami keluar makan di rm sunda, di daerah gasibu, khusus buat nyari sayur asem. dan seperti kebanyakan ibu2 ngidam sedunia, karena udah kelewat masa2 kritisnya, waktu ketemu sayur asem ini kepengennya udah ilang πŸ˜€

begitulah…, bukan cuman sayur asem ini aja yang akan pernah saya lupain, tapi tampangnya bapak di rm sunda siang itu juga…

“ya ampuuunnn…, tadi malem nangis2 minta sayur asem. sekarang udah ada di depan mata malah cuman diudek2 doang….”

hahaha πŸ˜€

sayur asem

bahan:
– kacang panjang
– nangka muda
– pepaya muda
– labu siam
– jagung muda
– daun melinjo
– buah melinjo
– daun salam
– asam muda
– bawang merah
– bawang putih
– kemiri
– cabe merah, kalau suka
– garam dan gula pasir secukupnya

cara bikinnya:

– cuci bersih semua sayuran, potong2.
– haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabe merah
– didihkan air dalam panci. masukan bumbu yang sudah dihaluskan.
– masukan potongan2 sayur dan asam muda, mulai dari yang paling keras, sampai yang paling mudah lunak.
– tambahkan garam dan gula secukupnya.
– masak sampai sayran matang. angkat