bebek bumbu erwe versi semi pro :D

bebek-bumbu-er-we

duluuu…, saya udah pernah posting resep ini. tapi jaman segitu saya masih amatir. sekarang, setelah beberapa puluh kali bikin, saya udah sedikit lebih pinter 😀

basically, bumbu2 yang dipake tetep sama. cuman ada beberapa tips pengolahannya aja yang rada disempurnakan.

buat yang belum pernah nyoba, ga usah shock dengan takaran bumbu terutama cabe rawit yang dipake dalam resep ini. walaupun rawit nya segambreng, tapi rasa pedesnya ga terlalu membunuh kok, mungkin karena sebagian keserep sama bumbu lainnya terutama rempah daunnya 😀 tapi biar ga terlalu kaget, kalau baru mau nyoba ada baiknya rawitnya ga usah banyak2 dulu.

bumbu-bebek-rica

bahan:
– 1 ekor bebek (preferably meri), bersihkan.
– 1 sdm air perasan jeruk nipis
– 6 sdm minyak sayur
– cabe rawit 1/4 kilo.
– bawang merah 15 siung
– bawang putih 10 siung
– jahe kurleb 5 cm
– kunyit kurleb 5 cm
– lengkuas kurleb 5 cm
– sereh 10 batang, geprek
– daun jeruk 20 lembar
– garam secukupnya
– daun kemangi 8 tangkai, buang batangnya

bebek-bumbu-er-we-being-cooked

cara bikinnya:
–  bakar bebek utuh di atas api beberapa menit sampai keluar minyaknya. saya ga selalu bisa, soalnya kadang saya minta tolong tukang bebek di pasar untuk langsung motong2 bebeknya. secara di rumah ga punya parang atau pisau yang cukup gede dan tajem buat motong.
– potong bebek kurleb segede2 2x jempol orang dewasa. lumuri dengan air perasan jeruk nipis. sisihkan.
– tumbuk semua bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jahe, kunyit, lengkuas, sere dan daun jeruk)
– campur bumbu halus dengan potongan daging bebek, aduk rata.
– tambahkan minyak sayur, aduk rata lagi.
– masak daging yang sudah dicampur bumbu di atas api kecil hingga daging empuk. it might take some times. jangan lupa sesekali diaduk supaya bagian bawahnya ga gosong.
– masukan daun kemangi, aduk lagi.
– tambahin garem secukupnya.
– kalau bebek masih kuragn empuk, bisa ditambahin sedikit air. kalau sudah empuk, matikan apinya.

notes:
– kalau rajin ngangetinnya, bebek bisa tahan sampai 3 hari. makin lama, rasanya malah makin enak 😀 tapi ya jangan lama2 banget… 😛
– kalau bebek mulai jadi kering, tambahkan sedikit minyak goreng saat diangetin.

dendeng belado

dendeng-belado

udah berapa hari ini pengen makan dendeng belado. cuman kalau beli di rumah makan padang, biasanya dendengnya digoreng sampe kering banget. padahal saya pengen yang dendengnya masih sedikit basah.

ya sutra…, kita bikin sendiri aja. tapiii…., dendengnya saya pake dendeng sapi yang beli jadi aja. nanti kalau udah sempet, kapan2 pengen juga nyoba bikin dendengnya sendiri 😀

dendeng belado bahan:
250 gr dendeng sapi siap pakai.
– 10 butir cabe merah besar
– 10 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih
– garam dan gula pasir secukupnya.

cara bikinnya:
– goreng dendeng dalam minyak panas sampai matang, angkat sisihkan
-ulek kasar bawang merah, bawang putih dan cabe merah besar.
– tumis bumbu ulek sampai harum.
– tambahkan garam dan gula secukupnya.
– angkat.
– atur dendeng goreng di atas piring saji.
– siram sambal belado di atasnya.
– siap disajikan.

oseng tempe

oseng-tempe

di kulkas saya hampit selalu ada tahu dan tempe. buat jaga2. kalau lagi ga tau mesti masak apa, biasanya tahu tempe itulah yang jadi penyelamat 😀

tahu tempe bersaudara ini emang ga ada matinya. murah. bergizi. enak. mengolahnya juga gampang. dan yang kalah penting, bisa dibikin apa aja 😉 belado, orek, kuah santen, oseng2, sambel goreng, pepes dan ga tau apa lagi, saking banyaknya 😀

tiap kali saya makan tempe, suka inget sama nyokap. secara blio itu adalah pencinta berat tempe. kalau 2-3 hari aja ga makan tempe, katanya kepalanya suka pusing 😀

eniwei, kali ini kita bikin oseng tempe aja yuk!

oseng tempe
bahan
:
– 1 papan tempe, potong dadu kurleb 2x 2 cm
– 8 siung bawang merah, iris tipis
– 5 siung bawang putih, iris tipis
– 5 buah cabe merah besar, potong2
– 5 buah cabe hijau, potong2
– 2 sdm kecap manis
– minyak goreng dan garam secukupnya
– 3 cm lengkuas, geprek
– 3 lembar daun salam

cara bikinnya:
– goreng tempe setengah matang, angkat sisihkan.
angkat minyak goreng sisa menggoreng tempe, sisakan kurleb 3 sdm
tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
– tambahkan potongan cabe merah dan cabe hijau, aduk
– tambahkan lengkuas dan daun salam, aduk lagi.
– masukan tempe yang sudah digoreng setengah matang aduk lagi.
– tambahkan kecap manis dan garam sesuai selera.
– aduk dan masak sampai tempe matang.
– angkat.


Hainam Chicken Rice

nasi-ayam-hainam

lagi kangen sama nasi hainam. kebeneran di kulkas juga persedian bahan makanan tinggal ayam aja. enaknya, masak 1 manu bisa buat dinikmatin sama seluruh anggota keluarga. dewasa. dan anak2. praktis kaaannn…. 😀

ayam
bahan
:
1 ekor ayam, potong 8 bagian.
2 cm jahe haluskan
2 bh daun bawang iris
minyak wijen, kecap ikan, merica, garam secukupnya
air untuk merebus

cara bikinnya:
– lumuri ayam dengan kecap ikan dan jahe yang sudah dihaluskan selama +/- 30 menit, tusuk2 dulu daging ayam supaya bumbu meresap
– rebus air, setelah mendidih masukan ayam, beri kecap ikan dan garam, masak sampai ayam empuk
– ketika hampir matang beri daun bawang, angkat ayam
–  celup ayam dalam air es, angkat
– olesi dengan kecap ikan dan minyak wijen sisihkan

nasi
bahan:

3 cup beras
air kaldu secukupnya
minyak wijen, kecap ikan, merica, garam secukupnya

bumbu halus:
2 cm jahe
4 siung bawang putih

cara bikinnya:
– cuci beras hingga bersih
– tumis bumbu halus hingga harum.
– masukan beras, aduk hingga tercampur
– tambahkan kecap ikan & minyak wijen aduk lagi
– pindahkan beras ke rice cooker,  masak hingga nasi matang
– setelah matang, aduk nasi supaya tercampur rata

kuah kaldu
air rebusan ayam
1 bh daun bawang
kecap ikan