fu yung hai

4 06 2009

fu-yung-hai

entah sudah berapa kali saya nyoba bikin fu yung hai ini. selaluuuu……. aja kurang memuaskan. setelah diseilidiki, ternyata saya membuat satu kesalahan besar. selama ini saya ngedadar telornya hanya pake sedikit minyak. padahal yang bener itu harusnya adonan telor di deep fry dalam minyak panas. pantesan ajaaa…, selama ini bantet melulu😛

biasanya fu yung hai ini isinya daging kepiting cincang, tapi karena ga punya, jadinya saya pake daging ayam campur udang aja. enak juga kok😀

bahan fu yung hai:
– 5 butir telur ayam
– 75 gr daging ayam cincang
– 75 gr udang cincang
– 1 btr bawang bombay, cincang kasar
– 2 batang bawang daun, iris halus
– 2  siung bawang putih, haluskan
– garam dan lada halus secukupnya
– 2 sdm tepung terigu
– minyak goreng secukupnya

bahan saus:
– 1 siung bawang putih geprek, cincang kasar
– jahe, kurleb 2 cm, cincang halus
– 100 cc air
– 1 buah wortel, kupas, potong bentuk korek api
– 5 sendok makan saus tomat
– 1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air
– garam, gula pasir  secukupnya

cara bikinnya:
– tumis bawang putih & bawang bombay hingga harum
– masukkan daging ayam dan udang cincang, garam, lada halus dan daun bawang, aduk rata. angkat. tiriskan
– campur bumbu yang sudah ditumis dengan 5 butir telur. tambahkan terigu, aduk dengan garpu hingga tercampur rata
– panaskan minyak di wajan dengan api sedang. dadar adonan telur dengan menggunakan minyak yang banyak (sampai adonan telur tenggelam dalam minyak panas.
– setelah berwarna kecoklatan, balik. masak hingga kedua bagian matang. angkat.

membuat saus:
– tumis bawang putih dan jahe hingga harum
– masukkan air dan saus tomat, aduk rata
– tambahkan gula dan garam secukupnya
– masukan potongan wortel, masak sebentar sampai wortel lunak.
– kentalkan saus dengan larutan tepung maizena. aduk rata. angkat.


Actions

Information

5 responses

8 06 2009
emaknye Fee

Untung keburu ketauan, kalo ngga kan nanti aku nyobain fu yung hai-nya kurang manteb😀

8 06 2009
lescaboma

hehehe…, bisa bikin grup bantet bersodara kita bu…😛

15 06 2009
lunch box idea #14 « my everyday cooking

[…] fu yung hai – french fries – biskuit coklat – […]

28 07 2009
mina

bu…kalo adonan nya yg belum di goreng, bisa di simpen dlm kulkas gak?….jadi nanti kalo mau makan baru deh..kita goreng

6 08 2009
lescaboma

waduh, maaf banget bu… saya belum pernah nyoba nyimpen adonan telurnya di dalem kulkas. biasanya langsung digoreng.
tapi setahu saya, adonan telur ga bisa didiemin lama2. bisa ga mekar waktu digoreng. tapi kapan2 boleh juga dicoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: