batagor udang

2 10 2009

batagor-udang

waktu terakhir saya main ke bandung, sempet liat bakul batagor masak. keliatannya ga terlalu susah. kalau mau, kita semua pasti bisa bikin sendiri😀

kalau batagor bandung biasanya dibuat dari daging ikan tenggiri. tapi karena saya cuman punya udang, jadinya saya bikin batagor udang aja😀

anak2 dan bapaknya bilang sih: uenak banget!!

batagor udang

bahan:
– 500 gr udang. kupas bersih. buang ekor, kulit dan kepalanya. haluskan.
– 4 buah tahu putih besar. potong diagonal hingga berbentuk segitiga, masing2 jadi 4 potong. kalau ga ada tahu putih, pake tahu kuning juga ga kalah enaknya.
– 5 sdm tepung sagu
– 8 siung bawang merah, haluskan
– 2 batang daun bawang, iris halus
– 1/2 sdt pala bubuk
– 1 butir telur
– garam dan gula pasir secukupnya
– minyak untuk menggoreng

cara bikinnya:
campur bawang merah, irisan bawang daun, pala bubuk dan garam dengan udang yang sudah dihaluskan.
– tambahkan telur dan tepung sagu. campur hingga benar2 rata.
– buat sedikit lubang di permukaan tahu, isi dengan campuran udang.kalau ga mau ada bagian tahu yang terbuang, adonan udang bisa langsung ditempelkan di permukaan tahu dengan agak ditekan2 sedikit.
– deep fry batagor dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. angkat.

sambel kacang:
goreng kacang tanah hingga matang.
– haluskan kacang goreng dengan bawang putih yang sudah digoreng dan cabe merah yang sudah dibuang bijinya. tambahkan garam dan gula pasir secukupnya.
– tambahkan air panas secukupnya.
.batagor-udang2

penyajian batagor:
– potong2 batagor dan letakan di atas piring saji
– siram dengan sambal kacang
– tambahkan kecap manis sesuai selera
– tambahkan tetesan perasan jeruk limau.
– siap disantap.


Actions

Information

2 responses

4 10 2009
lunch box idea batagor « my everyday cooking

[…] – batagor udang – telur dan kentang rebus – keripik kentang – semangka […]

6 10 2011
anita

mbak ini gampang banget kayaknya harus sy coba.secara selama ini pusing mau bikin batagor bahannya kalo gak ikan ya ayam.makasi yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: