sate ayam

8 10 2009

sate-ayam2suatu pagi anak2 minta sate ayam. kok ya kebeneran lagi punya stock ayam dada mentok 2 biji yang ukurannya lumayan gede. browsing bentar cari resep yang gampil. modifikasi dikit, dan jadilah sate ayam ini.

dalam 1 jam, 2 dada ayam mentok tadi sudah bertransformasi jadi 30 tusuk sate anget. lumayan, buat sarapan sama camilan anak2😀

sate ayam lezat dan praktis😉
bahan:
– dada ayam mentok, ambil dagingnya. pisahkan kulitnya.
– kecap manis bango
– minyak goreng
– 1 sdm minyak wijen
– bawang putih
– bawang merah
– jahe
– jeruk nipis
– garam
– tusuk sate

cara bikinnya:

minyak ayam:
– potong2 kulit ayam, sisihkan
– panaskan minyak goreng (untuk kurang lebih 200 gr kulit, saya pake kurang lebih 100 ml minyak goreng)
– goreng kulit ayam hingga kering.
– setelah kulit mulai mengering, tambahkan bawang putih dan jahe yang sudah dirajang halus. goreng terus hingga semua bahan menjadi kering.
– saring, sisihkan.
– setelah dingin,  tambahkan 1 sdm minyak wijen, aduk rata. simpan dalam wadah tertutup.

selain buat olesan ayam yang mau disate, minyak ayam ini juga bisa dipake buat mie ayam. kalau nyimpennya bener, bisa tahan sampai 1 bulan.

sate ayam:
– lumuri daging ayam yang sudah dicuci bersih dengan perasan air jeruk nipis. potong2 daging ayam yang sudah dipisahkan dari kulit dan tulangnya. kurang lebih 2,5 x 2,5 cm, atau sesuai selera.
– tusuk potongan daging dengan tusuk sate, masing2 4-5 potong.

sate-ayam-step1

– campur minyak ayam dengan kecap bango
– lumuri sate dengan campuran kecap

sate-ayam-step2

– panggang sate sampai matang kedua belah sisinya

sate-ayam-step3

– sate siap disajikan😀

sate-ayam-step4

kalau suka, sate ayam ini bisa dihidangkan dengan siraman bumbu kacang atau sambel kecap. tapi tanpa ditemani kedua sambel itu pun, rasa sate ayam ini udah enak kok😀

bumbu kacang:
3 butir bawang merah
4 butir bawang putih
100 g kacang tanah, goreng
2 butir kemiri
garam secukupnya
150 ml air kaldu
2 sdm minyak goreng

campur bawang putih, bawang merah, kacang tanah, garam, dan kemiri, haluskan. panaskan minyak, tumis hingga harum, masukkan air kaldu, masak hingga mengental. angkat.


Actions

Information

One response

15 10 2009
emaknye Fee

Bener deh, udah pas banget kalo dirimu punya resto sendiri😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: