putu ayu

17 11 2009

putu-ayu

jaman saya kecil dulu, saya sering sekali liat ibu saya bikin kue putu ayu ini. kadang buat dikonsumsi sendiri, tapi seringnya buat dititipkan di warung-warung deket rumah, untuk dijual.

tiap sore, kami akan datang dan memeriksa kue2 yang kami titip di warung2 itu. kalau ada yang ga laku terjual, itu akan jadi jatah saya dan adik2😀

karena kebetulan ibu saya sedang ada di rumah, saya jadi pengen bernostalgia dengan jeng putu ayu ini. kebetulan pas ke pasar minggu lalu saya dapet cetakan putu ayunya. 10 ribu rupiah untuk 1 lusin.

putu ayu ini sebenernya hampir sama dengan bolu kukus. cuman ada tambahan kelapa parutnya yang bikin si bolkus jadi tambah ayu…

dulu ibu saya suka pake perasan daun suji buat bikin warna ijonya. tapi karena kemarin saya ga bisa nemu daun suji, jadinya kami pake pasta pandan aja. wanginya memang beda. tapi rasanya tetep enak😀

putu ayu

bahan:

4 btr telur
125 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
200 ml santan kental
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt garam
1/2 butir kelapa agak muda, parut
1 sdt garam

cara bikinnya:

– campur kelapa parut dengan 1 sdt garam, aduk. kukus selama kurleb 10 menit, angkat, sisihkan. (dikukus ini maksudnya supaya kelapa lebih tahan lama dan ga cepet basi)
– kocok telur, gula pasir, dan garam dengan mixer hingga kaku.
– masukkan tepung terigu, aduk dengan spatula hingga rata.
– tambahkan santan dan pasta pandan, aduk rata.
– siapkan cetakan putu ayu, isi dengan 2 sdt kelapa parut. tekan2 seperlunya.
– tuangi adonan hingga 3/4 penuh.
– panaskan kukusan, kukus putu ayu dengan api besar sekitar 20 menit.
– angkat, sajikan.

notes:
– susun bertumpuk cetakan yang sudah diisi parutan kelapa sambil agak ditekan. tujuan biar kelapa parut yang ada di bagian bawah cetakan bisa jadi padat dan ga buyar saat adonan dimasukan.

– waktu mengukus, alasi tutup kukusan dengan serbet bersih biar uapnya ga jatuh ke adonan dan kue yang dihasilkan bertekstur lembut dan mulus.

– jangan membuka kukusan sebelum putu ayu matang, agar putu ayu mengembang dan tidak bantat.

– kalau pengen tekstur putu ayunya lebih padat (kayak kue putu), gunakan 200 gr terigu ditambah 50 gr tepung beras.


Actions

Information

8 responses

13 05 2010
Eva

Makasih resep puyunya enak dan lezat

1 09 2010
lescaboma

siiippp…😉

21 08 2010
yuslaini

mba.. saya coba yg pake tambahan tepung beras, tapi hasilnya mengenaskan.. ihiks (T.T..

1 09 2010
lescaboma

waduh, kenapa ya?
biasanya sih saya bikinnya pake resep di atas…

hmmm…, coba nanti saya selidiki ya😉

16 11 2010
kue kering natal « my lovely berries

[…] aja… kita suguhin teh manis aja… atau, kalau pas ada rejeki, nanti kita bikin kue putu ayu aja buat suguhan pas hari h […]

20 11 2011
Meily

Kemaren nyoba trus bantat kenapa ya? Biar gak bantet gimana? Apa cetakan juga pengaruh ya? Kemaren pake cetakan ager tengahnya gak bolong😦

27 01 2012
Lesca Boma

hhmmm, kenapa ya? harusnya sih cetakan ga ngaruh ya? coba di make sure:
– kukusannya sudah cukup panas saat adonan dimasukan. dan jangan lupa tutupya dikasih alas kain biar uap airnya ga netes ke atas adonan.
– jangan buka tutup kukusan sebelum kuenya mateng.

semoga berhasil yaa..

8 04 2012
reza

kenapa ya bikin putu ayu awalnya bagus gak bantat tp di akhir adonan malah bantat….pdhal 1x adonan.

Leave a Reply

