sayur daun singkong ala medan

19 11 2009

sayur-daun-singkong-a-la-meda

udah lama juga nyari2 resep sayur ini. biasanya tau matengnya aja kalau pas makan di lapo😀

minggu lalu pas belanja bumbu ke pasar, saya dikasih tau resepnya sama si ibu tukang dagang. karena kebetulan semua bahannya lengkap, hari itu juga bisa langsung praktek, kayak dokter😛 seperti biasa, dengan sedikit modifikasi tentunya.

bentuk dan bumbu2nya emang mirip sama sayur gulai daun singkong. tapi bunga kecombrangnya bikin aroma dan rasa sayur ini jadi khas banget.

sayur dan singkong ala medan. ala me😀

bahan:
– daun singkong. pilih yang masih muda dan segar. kurang lebih 1/4 kilo.
– 100 gram tekokak. bersihkan
– 100 siung bawang merah.
– 5 siung bawang putih
– 1 bunga kecombrang
– 1 ruas jahe (2-3 cm)
– 2 batang serai, memarkan
– 5 lembar daun jeruk
– kurleb 500 cc santan encer
– gula dan garam secukupnya

cara bikinnya:
– tumbuk halus daun singkong, tekokak dan bunga kecombrang. (versi saya: daun singkong direbus setengah mateng, terus dicincang halus. tekokak dan bunga kecombrangnya diblender sampai halus).
– haluskan bawang merah, bawang putih dan jahe.
– tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan sere dan daun jeruk.
– masukan santan, masak sampai mendidih.
– masukan daun singkong, tekokak dan kecombrang.
– tambahkan garam dan gula secukupnya. masak hingga semua bahan matang.
– angkat.


Actions

Information

One response

20 11 2009
emaknye Fee

hadyuh baru kemarin ngebatin, udah lama nih ngga masak daun singkong eh disini nongol..ngambil piring dulu ah :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: