ceker ayam wangi saus tiram

20 11 2009

ceker-ayam-wangi-saus-tiram

biasanya, tiap kali anak2 minta dimasakin ceker, saya selalu aja bikin sop ceker. abis paling gampang sih…

tapi kali ini saya pengen nyoba sesuatu yang lain. waktu browsing, banyak banget yang nge-refer ke resep ceker ayam yang satu ini. buat saya itu artinya resep ini emang perlu dicoba.

dan ternyata anak2 suka banget. karena kabetulan saya ga doyan ceker, saya cukup puas dengan menikmati baunya yang harum luar biasa…

Ceker Ayam Wangi Saus Tiram
By: Lia

Bahan:
500 gr cakar ayam, bersihkan
Air secukupnya untuk merebus
Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng
Air es secukupnya untuk merendam
4 siung bawang putih, geprak
3 cm jahe, belah & geprak
2 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
2 sdm saus tiram
kecap asin secukupnya bila perlu
1 butir pekak
2 buah cabe merah iris tipis
1 buah bawang bombay, iris kasar
2 sdt air jeruk limau

Cara:
– Didihkan air, masukin ceker ayam dan rebus hingga benar2 empuk, ato dipresto bila ada.
– Tiriskan dan buang airnya.
– Panaskan minyak cukup banyak untuk deepfry, goreng ceker ayam hingga benar2 kering, tiriskan dan segera masukin ke dalam air es, diamkan 30 menit (jaga agar air tetap dingin, kalo mulei berkurang dinginnya buang sebagian airnya dan tambah es batu).
– Panaskan 2-3 sdm minyak sayur, tumis bawang putih dan jahe sampai kuning.
– Tuangi kecap manis dan saus tiram, biarkan hingga berbuih, tuangi 500 ml air perendam ceker, didihkan.
– Masukin ceker ayam, tambahkan pekak, bawang bombay dan cabe merah. Masak dengan api kecil dan setengah tertutup, masak hingga kuah hampir kering dan mengental, tambah kecap asin bila perlu.
– Perciki air jeruk limau, aduk rata & angkat. Sajikan segera.

Note:
Bisa ditambah beberapa tetes minyak wijen pada tahap terakhir.


Actions

Information

3 responses

23 11 2009
emaknya Fee

waaaaaaahhhhhhhh ceker, sayah jugah sukah sekalih.apalagi kalo rawit merahnya dibanyakin..slruuuuuuuppppp deh..:p

20 08 2011
wiena

kenapa cekernya harus dimasukin air es biar apa yach mba

27 01 2012
Lesca Boma

hehehe…, kenapa ya? aku juga ga pernah kepikiran😛
mungkin biar ceker ayamnya ngembang lagi, tapi proses pematangannya ga berlanjut (kalau direndem dalam air panas bisa ancur karena proses pematangannyaberlanjut).

semoga jawaban amatian ini cukup membantu yaa…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: