choux pastry a.k.a. kue soes a la lesca

sabtu pagi, adalah waktu yang tepat untuk menyenangkan hati suami dengan membuatkannya kue sus kesayangannya. tapi pas mau nyetak adonan soes nya, kok spuit yang biasa dipake malah ngilang ga tau kemana. padahal adonan soes nya udah terlanjur jadi…

kebetulan di dapur keliatan setumpuk cetakan pie. hhhmmmm…, kayaknya lucu juga kalau adonan soesnya dipanggang pake cetakan pie. bentuknya jadi lebih unik 😉

bahan pastry:
130 gr tepung terigu cakra kembar
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

bahan isi:
2 btr kuning telur
50 gr tepung maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
1 sdm rhum (optional)

cara bikinnya:
campur air, garam dan margarine, lalu masak sampai mendidih.
– masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. biarkan hingga adonan agak hangat.
– panaskan oven.
– masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
– masukan 1-2 sendok adonanke dalam cetakan pie.
– panggang selama kurang lebih 25 menit. angkat.

cara bikin isinya:
didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut.
– larut

penyelesaian:
gunting/potong bagian atas soes untuk membuat ruang buat vla
– masukan vla sesuai selera

mie cakalang

salah satu menu andalan di restoran saya 😀

rasanya kumplit!  ada gurih, asin, pedes, seger dan bisa jadi agak manis kalau sudah dicampur sama kecap manis… cucok buat santapan musim ujan, atau musim panas (kalau makannya di ruang ber ac…)

mie cakalang a la lesca

bahan:
100 gr mie basah (saya pake mie basah yang warnanya putih, bentuknya bunder dan agak besar. kalau ga salah mie ini termasuk dalam jenis hokkien mie)
– 50-100 gr ikan cakalang yang sudah dibakar/digoreng. ambil dagingnya saja, suwir/suwir atau potong2 sesuai selera
– 3 siung bawang putih
– 1 butir kemiri
– 1/2 batang daun bawang, iris serong
– kurang lebih 1 sdm air perasan jeruk nipis
– minyak goreng, garam dan merica bubuk secukupnya
kurang lebih 50 gram sawi putih, potong
– 1-1,5 liter air

pelengkap:
– kecap asin
– cabe rawit, potong2
– kecap manis
– jeruk nipis
– bawang goreng

cara bikinnya:
– haluskan bawang putih dan kemiri, tumis hingga harum
– tambahkan air, masak hingga mendidih
– masukan mie
– tambahkan gara dan merica bubuk
– masukan sawi dan daun bawang, masak sebentar hingga layu dan mie matang
– angkat
– taburi dengan ikan cakalang dan bawang goreng
– sajikan dengan pelengkap: kecap asin dan sambal kecap.

sambal kecap:
– campur kecap manis dengan irisan cabe rawit
– tambahkan air perasan jeruk nipis

pempek oatmeal

masih dari buku resep sehat smart heart challange 2010 dari quaker.  dan masih dalam rangka mensukseskan program diet saya 😀

di resep aslinya setelah dikukus, pempek digoreng dulu sebentar supaya rasanya jadi lebih gurih. tapi tanpa digoreng pun menurut saya rasanya tetep uenak. dan lebih sehat 😀

pempek oatmeal
(original recipe by ibu evie m, modified by lesca)

bahan:
– 100 gr quaker oat
– 200 gr daging ikan tenggiri, haluskan
– 1 sendok makan tepung kanji atau tepung sagu
– 1/2 butir telur ayam (saya hanya pake putih telurnya saja)
– 4 siung bawang merah, iris tipis, goreng (saya hanya digoreng setengah matang)
– 3 batang seledri, rajang kasar
– 1 sdt gula pasir (saya hanya pake 1/2 sdt)
– garam secukupnya
– 100 ml air

cara bikinnya:
– campur quaker oat dengan ikan yang sudah dihaluskan, tepung kanji, putih telur, bawang merah goreng, seledri, gula dan garam
– uleni sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata
– bagi adonan menjadi 12 bagian, bentuk masing2 adonan menjadi bulat
– kukus selama 25 menit hingga matang.
– untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih, goreng sebentar.

saus cuka (kuah pempek)
– rebus 1/2 liter air dengan 200 gr gula merah hingga larut
– haluskan 5 siung bawang putih dan 10 buah cabe rawit merah
– masukan dalam rebusan air gula merah
– tambahkan garam dan cuka secukupnya
– saring kuah.
– siram saus cuka di atas pempek saat akan disantap

pepes oatmeal

ga salah oatmeal dipepes?
yang salah itu kalau buang sampah tidak pada tempatnya, atau selingkuh sama istri/suami orang… 😀

resep ini saya dapet dari buku resep sehat smart heart challange 2010 dari quaker.

belakangan saya emang rajin mengkonsumsi oatmeal buat mendukung program diet yang sedang saya jalanin. dan biar ga bosen, saya mencoba mengolah oatmeal ini dengan berbagai variasi. salah satunya ya dengan cara dipepes seperti ini.

rasanya? not bad at all 😉

pepes oatmeal
(resep asli ibu maya aurora, modified by lesca)
bahan:
– 70 gr quaker oat instan
– 4 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 6 buah cabe merah, 6 butir cabe rawit
– 1 buah tomat
– 1 batang bawang daun, iris serong
– garam secukupnya
– 200 gr daging ikan tuna, potong2
– 1 ikat daun singkong, ambil daunnya
– daun pisang untuk membungkus

cara bikinnya:
haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan garam
– campur potongan ikan tuna dengan bumbu halus dan irisan daun bawang
– masukan quaker oatmeal, aduk rata
– bagi adonan jadi 4 bagian, bentuk bulan panjang
– ambil sehelai daun pisang, letakan beberapa lembar daun singkong di atasnya
– letakan adonan aotmeal di atas daun singkong
– bungkus dengan daun pisang
– kukus hingga matang (15-30 menit) hingga matang

nasi pepes bakar

sudah 3 minggu ini saya menjalankan program diet. makan jadi harus rada2 kemayu dan diatur. kalau biasanya apa aja disikat, sekarang mesti milih2… milih yang rendah kalori, milih yang ga digoreng, yang ga pake santen…

jadilan selama 3 minggu ini saya sering banget makan pepes. semua bahan makanan yang tadinya biasa saya konsumsi dengan cara digoreng, sekarang saya coba modifikasi dengan dipepes/dikukus. mulai dari tahu, tempe, ikan, sampe nasi…

khusus nasi pepes ini, sebenernya udah lama juga saya pengen bikin. dulu pernah nyobain bikinannya temen, rasanya enak, tapi buat saya terlalu berminyak. mungkin karena lauk pauknya digoreng dulu sebelumnya.

jadilah, kemarin saya menikmati nasi pepes bakar modifikasi sendiri buat makan siang saya. dan ternyata rasanya uenak! dan yang pasti saya juga makannya lebih tenang… hehehehe 😀

nasi pepes bakar a la lesca

bahan:
150 gr nasi putih
– 1/2 buah jagung manis, pipil
– ikan bakar (bisa juga diganti ayam, daging, tahu atau tempe)
– daun kemangi secukupnya
– sambal (saya pake sambal rica mentah. bahannya bawang merah, cabe rawit merah, jahe dan perasan air jeruk nipis)
– ikan asin
– daun pisang untuk membungkus

cara bikinnya:
campur nasi dengan jagung pipil, aduk rata
– bentangkan sehelai daun pisang yang sudah dibersihkan
– letakan nasi putih yang sudah dicampur jagung di atasnya
– letakan lauk pauk penyerta, sambal dan daun kemangi di atas nasi
– bungkus nasi dengan daun pisang
– kukus krang lebih 15 menit
– angkat, tiriskan
– panggang sebentar di atas api (atau bisa juga pake frying pan)
– siap buat disantap