nasi pepes bakar

20 05 2010

sudah 3 minggu ini saya menjalankan program diet. makan jadi harus rada2 kemayu dan diatur. kalau biasanya apa aja disikat, sekarang mesti milih2… milih yang rendah kalori, milih yang ga digoreng, yang ga pake santen…

jadilan selama 3 minggu ini saya sering banget makan pepes. semua bahan makanan yang tadinya biasa saya konsumsi dengan cara digoreng, sekarang saya coba modifikasi dengan dipepes/dikukus. mulai dari tahu, tempe, ikan, sampe nasi…

khusus nasi pepes ini, sebenernya udah lama juga saya pengen bikin. dulu pernah nyobain bikinannya temen, rasanya enak, tapi buat saya terlalu berminyak. mungkin karena lauk pauknya digoreng dulu sebelumnya.

jadilah, kemarin saya menikmati nasi pepes bakar modifikasi sendiri buat makan siang saya. dan ternyata rasanya uenak! dan yang pasti saya juga makannya lebih tenang… hehehehe😀

nasi pepes bakar a la lesca

bahan:
150 gr nasi putih
– 1/2 buah jagung manis, pipil
– ikan bakar (bisa juga diganti ayam, daging, tahu atau tempe)
– daun kemangi secukupnya
– sambal (saya pake sambal rica mentah. bahannya bawang merah, cabe rawit merah, jahe dan perasan air jeruk nipis)
– ikan asin
– daun pisang untuk membungkus

cara bikinnya:
campur nasi dengan jagung pipil, aduk rata
– bentangkan sehelai daun pisang yang sudah dibersihkan
– letakan nasi putih yang sudah dicampur jagung di atasnya
– letakan lauk pauk penyerta, sambal dan daun kemangi di atas nasi
– bungkus nasi dengan daun pisang
– kukus krang lebih 15 menit
– angkat, tiriskan
– panggang sebentar di atas api (atau bisa juga pake frying pan)
– siap buat disantap


Actions

Information

Leave a Reply

