cake kukus ketan hitam

 

udah lamaaa… banget bercita2 bikin cake ketan hitam ini. tapi selalu kepikiran, ntar siapa yang bakal ngabisin? kebetulan kemarin ada tamu di rumah, jadi ada alasan dong 😀

bikinnya ternyata ga susah. rasanya legit dan gurih. saya suka sekali perpaduan aroma ketan hitam dan santannya.

saya sudah nyoba versi bake dan steam nya. kalau menurut saya, yang dikukus jauh lebih enak 🙂

cake ketan hitam
bahan:
– 6 butir telur
– 150 gr gula pasir
– 200 gr tepung ketan hitam
– 150 gr mentega, cairkan
– 1 sdm tbm
– 2 sdm susu kental manis
– 65 cc santan kental

cara bikinnya:
– kocok telur hingga mengembang, tambahkan tbm. kocok lagi
– masukan gula pasir, kocok lagi hingga adonan putih kaku
– turunkan kecepatan mixer, masukan tepung ketan hitam, aduk rata
– tambahkan mentega cair, susu kental manis dan santan kental, aduk rata
– masukan adonan dalam cetakan. kukus hingga matang (kurleb 20-30 menit. bergantung pada api dan kompor 😀 )

pepes patin

seperti umunya bumbu pepes di indonesia, pepes patin ini juga dimasak pake bawang merah putih, cabe, sere dan daun salam, terus dibungkus daun pisang, terus dikukus sampe mateng. standar sajaaa… 😀

rasanya enak. daging ikannya lembut. durinya ga terlalu banyak, bikin acara makan ga terlalu deg2an. aroma daun pisangnya harum dan khas, membangkitkan selera makan. bergizi dan bebas kolesterol jahat 😀

 

pepes ikan patin

bahan:
1 ekor ikan patin, ukuran sekitar 500-600 gr
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 buah cabe merah
4-5 cm kunyit
2-3 cm jahe
1 sdm air perasan jeruk nipis
beberapa batang serai, memarkan
beberapa lembar daun salam
beberapa lembar daun jeruk
garam dan gula secukupnya
daun pisang untuk membungkus

cara bikinnya:
– bersihkan ikan, buang isi perutnya, potong jadi 4-5 bagian, sesuai selera.
– lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis, sisihkan
– ulek kasar bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan cabe merah
– lumuri potongan ikan dengan bumbu halus
– siapkan daun pisang pembungkus, letakan selembar daun salam, sepotong batang serai yang sudah digeprek
– taruh potongan ikan di atasnya. letakan selembar daun jeruk di atas potongan ikan
– bungkus ikan dan semua bumbu dengan daun pisang
– kukus hingga matang, sekitar 20 menit
– siap disikat dengan nasi anget 😀

udang saus asam manis

ah! udang saus asam manis a la saya mah gampang saja. bumbunya sederhana. bikinnya juga ga lama. dan yang paling penting, anak2 suka… 😀

udang saus asam manis

bahan:
– 1 kilo udang, yang ukurannya sedang. kalau bisa pilih, pake udang yang warnanya item, bukan orange. rasa dagingnya lebih manis.
– 1 buah bawang bombay, iris melintang
– 3 siung bawang putih, kupas, geprek
– 1 sdm kecap asin
– 2 sdm saus inggris
– 2-3 sdm saus tomat
– 1 sdt gula pasir
– 1/2 sdt cuka
– garam dan lada bubuk secukupnya
– 1 sdm margarine
– 1 sdm minya sayur

cara bikinnya:
– panaskan minyak sayur, tumis bawang putih hingga harum
– masukan bawang bimbay, masak hingga layu
– tambahkan saus inggris, kecap asin, saus tomat, gula pasir dan cuka, aduk rata
– masukan udang yg sudah dibersihkan (saya dikupas, buang kepala, sisakan ujung ekornya, biar lucu aja)
– tambahkan garam dan lada, aduk rata
– masukan margarine, aduk lagi. masak hingga udang matang. angkat.
– siap disikat 😉

tempe penyet sambel ijo

what can i say?
tempe emang kagak ade matinyee…!!!

mau di goreng gitu aja, mau diorek, ditumis, disanten, dibacem, dibalado, di sate. semua wenak 😀

kali ini saya pengen mengawinkan tempe goreng kesenengan saya, dengan sambel ijo favorit suami saya. dan sama seperti kami, keliatannya mereka berdua juga berjodoh.

selamat yaaa…, semoga bahagia selalu 😉

tempe goreng
bahan:
– tempe, iris tipis atau sesuai selera
– tepung bumbu (terigu dicampur dengan garam dan lada bubuk. atau kalau males dan pengen praktis, pake tepung bumbu serba guna aja, beli di pasar atau supermarket. enak, cuman biasanya mengandung msg)
– minyak untuk menggoreng.

cara bikinnya:
– lumuri tempe yang sudah diiris tipis denga tepung bumbu.
– goreng hingga kecoklatan. angkat.

sambel ijo
bahan:
– cabe rawit ijo, secukupnya
– garam secukupnya
– minyak sayur secukupnya
– bawang putih

cara bikinnya:
ulek cabe rawit, bawang putih dan garam. siram dengan minyak sayur, aduk rata. (kalau ga lagi diet, enak juga pake jelantah/minyak goreng sisa menggoreng tempe).
– letakan potongan tempe goreng di atas sambal yang masih berada di atas cobek.
– tekan2 dengan ulekan sampe tempe agak penyet, dan bumbu meresap ke dalamnya.
– siap disantap dengan nasi anget 🙂