tumis kentang saus hoisin

ide awalnya dari sambel goreng kentang. tapi karena dibuat untuk konsumsinya anak2, jadinya saya bikin yang ga pedes, tapi manis dan gurih…

sebenernya, rasanya akan lebih enakΒ  dan gurih kalau kentangnya digoreng dulu. tapi kalau ingin lebih sehat, bisa juga langsung dimasak/ditumis tanpa digoreng. kayak bikin semur gitu… sesuai selera aja πŸ™‚

tumis kentang saus hoisin
bahan:
– 1/4 kilo kentang, kupas, potong dadu kurleb 1,5 x 1,5 cm. goreng, sisihkan.
–Β  1/4 kilo daging cincang
– 5 siung bawang putih
– 1 sdm saus inggris
– 1 sdm saus hoisin
– 1 sdm minyak wijen
– 1/2 sdm kecap asin
– 1/2 sdm kecap manis
– garam, minyak dan air secukupnya

cara bikinnya:
tumis bawang putih hingga harum
– masukan saus hoisin, saus inggris, minyak wijen dan kecap asin, aduk rata
– masukan daging cincang, aduk2 sebentar
– tambahkan air secukupnya, tutup pan/wajan supaya daging lebih cepat matang
– masukan kentang, tambahkan kecap manis dan garam.
– masak hingga kentang matang dan kuah mengering.
– angkat.

risoles ragout ayam

kalau american risoles adalah salah satu makanan favoritnya anak2, maka risoles isi ragout ayam adalah salah satu camilan kesenengannya bapak πŸ™‚

biasanya, ragout ayam ini dikasih campuran wortel yang dipotong kecil2. tapi yang saya buat kemarin itu ga pake campuran sayuran sama sekali.

supaya rasa rougutnya lebih gurih dan manis, saya pake daging ayam kampung. tapi kalau ga ada, pake daging ayam negeri juga ga kalah enaknya.

kalau menurut saya sih, risoles ragout ini paling enak dimakan anget2, ditemenin 1-2 biji cabe rawit yg sudah tua. hhmmm…, efek kepedesannya bisa bikin ketagihan πŸ˜›

risoles isi ragout ayam
bahan ragout ayam:
1 potong dada ayam kampung, potong jadi beberapa bagian supaya lebih cepat empuk saat direbus.
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
garam, lada bubuk dan gula pasir secukupnya (saya pake gula pasirnya sekitar 2 sdm peres, biar rasanya manis)
250 ml susu cair
250 ml kaldu ayam + air
150 gr tepung terigu

cara bikin ragoutnya:
– potonga dada ayam jadi beberapa bagian, supaya lebih cepat empuk saat direbus (terutama kalau pakai daging ayam kampung)
– angkat daging ayam yang sudah matang, cincang kasar (atau kalau mau disuwir kecil2 juga bisa), sisihkan.
– sisihkan kadunya kurang lebih 250 cc
– tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
– masukan cincangan daging ayam, aduk rata
– masukkan susu cair, kaldu ayam, gula, garam dan lada bubuk, aduk rata.
– setelah mendidih masukkan tepung terigu dengan cara ditabur, aduk-aduk adonan hingga menjadi padat.
– dinginkan, siap diisikan ke dalam kulit risoles.

bahan kulit:
125 gr tepung terigu serbaguna
300 ml air
1 butir telur
1/2 sdt garam
1 sdm mentega, lelehkan
1 butir telur untuk pelapis
tepung roti secukupnya

cara bikin kulitnya:
–Β  campur terigu + garam, tambahkan telur, campur.
–Β  tambahkan air, aduk sampe adonan bener2 rata
–Β  tambahkan mentega cair, aduk rata lagi
– panaskan pan, olesi dengan sedikit minyak/mentega
– masukan 1-2 sdm adonak kulit, lebarkan/ratakan sampai menutup semua permukaan pan
– setelah matang, angkat, bentangkan.
– letakan 1 sdm adonan ragout ayam, lipat kulit lalu gulung

penyelesaian:
– campur 1 butir telur dengan 2 sdm air, kocok lepas
– celupkan risoles dalam campuran telur, lalu gulingkan dalam tepung roti hingga semua permukaannya tertutup.
– supaya tepung roti lebih nempel dan ga pada mencar saat digoreng, simpan risoles dalam lemari es selama beberapa jam.
– panaskan minyak goreng
– goreng risoles dengan api kecil hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan.
– angkat.

bistik daging ayam cincang

selewat, bistik ini emang jatuh2nya jadi mirip bakso. karena terbuat dari daging ayam cincang yang dibuat bulet2. jadi kalau anda juga punya anak2 yang doyan sekali makan bakso, sekali2 bisa dicoba bikin bistik model ini. kalau mereka ga familiar dengan nama bistik, mungkin bisa dicoba dengan: ‘bakso ayam manis’? πŸ˜€

bistik daging ayam cincang
bahan:
– 250 gr daging ayam cincang
– 2 butir telur
– 2 sdm tepung roti
– 1 butir bawang bombay, cincang kasar
– 3-4 siung bawang putih, geprek, cincang kasar
– 2 sdm kecap inggris
– 2 sdm kecap manis
– 1 sdm saus tomat
– 1 sdm kecap asin
– garam, gula, lada bubuk secukupnya
– wortel secukupnya, bersihkan, potong2
– buncis secukupnya, bersihkan, potong2
– minya goreng dan mentega secukupnya
– telur rebus untuk pelengkap, kalau suka

cara bikinnya:
– campur daging cincang, telur, tepung roti, gula, garam dan lada bubuk. bentuk jadi bulatan2.
– panaskan minyak goreng dan sedikit mentega, goreng daging hingga setengah matang (ga usah deep fry)
– setelah matang, angkat. sisihkan.
– tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
– tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tomat dan saus inggris, aduk
– masukan bulatan daging yang sudah digoreng
– tambahkan sedikit air (kalau saya agak banyak, biar ada kuahnya sedikit)
– masukan potongan wortel dan buncis
– tambahkan garam, gula dan lada bubuk
– masak hingga sayuran empuk.
– angkat

kue lumpur kentang mini

apa yang bikin kue lumpur kecil2 ini begitu spesial?
bianca!

di suatu sabtu pagi, kami memutuskan untuk tidak keluar rumah sama sekali. kecuali si mbak yang pergi ke pasar untuk beli sekilo kentang πŸ˜€

setelah browsing2 dan pilih2 resep, akhirnya diputuskan untuk bikin kue lumpur saja. cuma karena ga punya cetakan buat kue lumpur, kami pake cetakan kue cubit yang ukurannya segede2 upil itu… jadinya emang imut2, tapi bikinnya jadi lamaaa… πŸ˜›

dengan bantuan yangti dan dorongan semangat dari ibu, bianca berhasil mengubah terigu, kentang, telur, mentega dan gula jadi puluhan (atau mungkin ratusan?) kue lumpur mini yang super lezat…

kakak hebat!

kue lumpur kentang mini
bahan:
2butir telur
125gram gula pasir
1sdt garam
1/2 sdt vanili
200ml santan instant + 100ml air. campur rata, rebus, dinginkan.
250 gram kentang, kukus, haluskan
125gram tepung terigu
50gram margarine, lelehkan
kismis dan keju parut untuk taburan

cara bikinnya:
– kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang
– masukkan garam, vanilli sambil terus dikocok
– tuang santan, aduk rata
– masukkan kentang yang sudah dihaluskan dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata (pake mikser dengan kecepatan rendah)
– tambahkan mentega cair, aduk
– panaskan cetakan, tuang adonan ke dalam cetakan. pake api kecil aja biar ga gosong.
– setelah adonan setengah matang, beri kismis atau taburan keju di atasnya. masak lagi sebentar sampai adonan matang
– angkat. siap disantap anget2 πŸ™‚