Kitchen Diary during Pandemic. Ide set menu buka puasa D30

23 Mei 2020 DC

#stayathome hari ke-69
#PSBBJakarta hari ke-44
#bulanpuasa hari ke-30
Puasa hari terakhir.
Saya masak sayur yg paling bersejarah dalam hidup saya: sayur asem, atau kalau Iyek bilangnya sup kecut ๐Ÿ˜

Waktu saya pertama kali hamil, saya pernah ngidam pengen makan sayur asem. Waktu itu jam 11 malem. Saya nangis2 minta sayur asem. Dan karena belum berpengalaman menangani perempuan hamil, instead of nyariin sayur asem, suami saya malah ngomel ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
โ€œMana ada warung yg jualan sayur asem yg masih buka tengah malem begini? Udah, besok aja kita cari rumah makan Sunda!โ€
Besoknya kami makan siang di Sindang Reret.
Tapi karena jam ngidamnya udah lewat, pas sayur asem sampai di depan mata udah ga pengen makan lagi. Cuman diudek2 doang sampe airnya butek ๐Ÿ˜
Yaaa…, beliaunya ngomel2 lagi dong…
Emang enak ngurusin bini ngidam ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Hari ini set menunya ada sayur asem, tahu tempe telur, oseng jengkol campur teri dan sambel terasi.
Malam ini rencananya mau lembur masak opor ayam dan sambel goreng kentang buat lebaran besok.
Enaknya jadi orang Indonesia, hari rayanya ga cuman satu. Natalan saya dapet hadiah, Lebaran juga.
Selamat menyiapkan buka puasa terakhir tahun ini ya teman2…
Tetap semangat yaa…
Stay safe.
Stay sane โ™ฅ๏ธโ™ฅ๏ธ
————————————————————————————————————–
SAYUR ASEM SUNDA

Bahan:
1 buah jagung manis potong sesuai selera
  • 1/2 buah pepaya mentah buang kulit dan potong kecil kecil
    1 buah labu siam, kupas, potong dadu
  • 3 buah kacang panjang potong2
  • Melinjo, sesuai selera
  • Daun melinjo, secukupnya
  • Kacang tanah (kemarin saya ga pake karena ga ada)
  • 1 sdt terasi bakar
    3 butir kemiri
  • 1 sdm gula merah serut
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keritingย 
  • 2 lembar daun salam
  • 5 sdm air asam jawa
  • 3 cm langkuas memarkan
Air secukupnya
Cara bikinnya:
  • Rebus air hingga mendidih
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah dan terasi
  • Masukan sayuran yang keras (melinjo, jagung)
  • Masukan bumbu halus, daun salam, lengkuas, asam jawa dan gula merah
  • Masukan pepaya mentah, labu siam dan kacang panjang.
  • Tambahkan garam, koreksi rasa.
  • Selesai deehhh….

Leave a comment