Classic Homemade Apple Pie

#stayathome hari ke-113.
5 Juli 2020 DC.

Nyari makanan yg cocok sama selera kita itu memang gampang2 susah yaa… Seperti nyari apel pie yg sesuai dengan harapannya Bapak. Beli di sana, fillingnya enak, tapi crust nya terlalu kering. Beli di situ, crust nya cocok, isinya terlalu manis. Beli di tempat satunya lagi, luar dalem ga ada yg pas. Ya sudah, kita bikin aja sendiri yaaa…

Untuk fillingnya, saya pake resep yg saya dapet di Natasha’s Kitchen. Pie crust nya saya pake resep yg biasa saya bikin. Puji Tuhan, cocok dengan seleranya Bapak.
Crustnya lembut, buttery sekaligus flakey.
Saus isiannya moist dan syrupy, tapi ga terlalu manis.
Aroma butter dan cinnamon-nya, oh God… So delightful!
Membawa pikiran melayang dan hati menjadi senang… πŸ’žπŸ’ž
Persis seperti yg digambarkan dalam novel Lima Sekawan karangannya Enid Blyton.
Simply delicious!

Saya belum jago bikin pie. In fact, seumur hidup saya baru beberapa kali aja bikin pie. Tapi saya berani bilang, resep pie-nya Natasha’s Kitchen ini enak banget. Highly recommended buat siapapun yang mau nyoba bikin apple pie.

CLASSIC HOMEMADE APPLE PIE

Bahan:
2 porsi homemade pie crust (saya pake resep pie crust ini)
7 butir apel granny smith, kupas, buang tengahnya, iris tipis
2 sendok teh kayu manis bubuk
120 gram unsalted butter
3 sdm makan tepung terigu
200 gram gula pasir
60 ml air
1 butir telur untuk egg wash

Cara bikinnya:

  • Siapkan 1 porsi pie crust, pipihkan menggunakan rolling pan, cetak di loyang pie sebagai base (saya pake loyang pie ukuran 24 cm).
  • Panaskan butter hingga meleleh (api sedang).
  • Masukan tepung terigu, aduk rata
  • Tambahkan air sambil terus diaduk
  • Masukan gula, aduk sampai campuran berbentuk saus kental yang lembut. Matikan api, dinginkan.
  • Kupas apel, buang bagian tengahnya, iris tipis2.
  • Taburi irisan apel dengan kayu manis bubuk, aduk rata
  • Masukan saus (campuran butter dan gula), aduk hingga betul2 rata
  • Tuang adonan apel dan saus ke atas cetakan pie, ratakan.
  • Ambil 1 porsi pie crust, pipihkan. Cetak berbentuk lingkaran (saya cetak pake piring diameter 27 cm, trimming nya pake pisau). Lalu potong2 memanjang, kira2 selebar 3-4 cm. Cover bagian atas pie dengan lembaran crust yang ditata bentuk anyaman.
  • Kocok lepas telur, olesi permukaan pie dengan menggunakan kuas (egg wash)
  • Panaskan oven dengan suhu 220 derajat C sekitar 15 menit
  • Panggang pie selama 15 menit, lalu turunkan suhunya ke 180 derajat C, dan lanjutkan memanggang selama 45 menit.
  • Angkat, dinginkan. Pie siap disantap!

Cinta dalam sebutir nastar.

Nastar, berasal dari Bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuknya bulat dengan hiasan potongan kecil kismis atau cengkeh di atasnya. Biasa dihidangkan pada hari-hari raya, mulai dari Natal, Idul Fitri, sampai tahun baru Imlek.

Nastar amat digemari oleh orang Belanda karena mirip dengan kue pie atau taart eropa yang biasanya diisi blueberry dan apel. Karena di Indonesia, blueberry dan apel amat sulit ditemukan, maka nanas yang banyak tumbuh di daerah tropis dipilih sebagai buah penggantinya.
(Jaganti, 2019)

Continue reading

pudding green tea dengan saus mint

suguhan buat tamu beberapa waktu yg lalu.

rasanya unik. saya suka sekali dengan aroma teh hijaunya. sementara saus mint nya dapet komentar beragam dari para tamu. ada yang bilang “enak, semriwing”. ada yang bilang “sensual dan surprising”. ada juga yang bilang “lucu, kayak makan balsem…”

it’s a free country πŸ˜‰

buat pencinta pudding, it’s worth trying!

pudding green tea dengan saus mint.

bahan pudding:
– 800 ml air
– 1 bungkus agar2 bubuk
– 150 ml susu kental manis putih
– 2 sdm susu bubuk
– 1 sdt bubuk green tea

bahan saus mint:
– 250 cc susu segar
– 50 gr gula pasir
– 1 kuning telur
– 1 sdm tepung maizena
– beberapa tetes mint essence

cara bikinnya:
– campur semua bahan pudding, masak sampai mendidih. tambahkan bubuk green tea. kalau suka, bisa tambahkan pewarna hijau biar lebih cantik.
– tuang dalam cetakan, hilangkan asap panasnya, masukan dalam lemari es.

saus mint:
– panaskan susu segar dan gula pasir.
– tambahkan kuning telur (kuning telurnya kocok dulu dalam wadah, campur dengan beberapa sendok susu hangat, kemudian tuang ke dalam susu yang sedang dipanaskan. kalau langsung dicemplungin nanti kuning telurnya bakal menggumpal)
– masak hingga susu mendidih.
– tambahkan tepung maizena yang sudah dicaikan dengan 1-2 sdm air dingin
– aduk hingga saus mengental. angkat, dinginkan
– tambahkan essence mint, aduk rata.
– sajikan pudding dalam keadaan dingin dengan siraman saus mint.

choux pastry a.k.a. kue soes a la lesca

sabtu pagi, adalah waktu yang tepat untuk menyenangkan hati suami dengan membuatkannya kue sus kesayangannya. tapi pas mau nyetak adonan soes nya, kok spuit yang biasa dipake malah ngilang ga tau kemana. padahal adonan soes nya udah terlanjur jadi…

kebetulan di dapur keliatan setumpuk cetakan pie. hhhmmmm…, kayaknya lucu juga kalau adonan soesnya dipanggang pake cetakan pie. bentuknya jadi lebih unik πŸ˜‰

bahan pastry:
130 gr tepung terigu cakra kembar
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

bahan isi:
2 btr kuning telur
50 gr tepung maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
1 sdm rhum (optional)

cara bikinnya:
campur air, garam dan margarine, lalu masak sampai mendidih.
– masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. biarkan hingga adonan agak hangat.
– panaskan oven.
– masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
– masukan 1-2 sendok adonanke dalam cetakan pie.
– panggang selama kurang lebih 25 menit. angkat.

cara bikin isinya:
didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut.
– larut

penyelesaian:
gunting/potong bagian atas soes untuk membuat ruang buat vla
– masukan vla sesuai selera

es kacang merah

abis makan yang pedes2, makan es kacang merah memang sungguh maknyusss….

yang satu ini es kacang merah khas dari manado. kenapa manado lagi, manado lagi?

yaaa…., tentu saja karena saya kan mengelola restoran manado, jadi yaaa… sekalian promosi πŸ˜€

es kacang merah
bahan:
kacang merah yang sudah tua, rebus hingga benar2 empuk. dinginkan.
– gula merah,rebus dengan air hingga mendidih dan larut. saring, dinginkan dalam lemari pendingin.
– susu kental manis coklat
– es serut (es batu yang diserut atau dihaluskan)

cara bikinnya:
siapkan dalam gelas saji beruturut-turut:
– kacang merah (1-2 sendok, sesuai selera aja…)
– tambahkan air gula merah
– tambahkan es serut
– siram dengan susu kental manis coklat
– siap disajikan