klappertaart

dari sekian banyak klapertaart yang pernah saya icipin, resep yang satu ini emang ga ada matinya. juara satu!!

ga nyesel 2 hari berturut2 berjuang ngumpulin bahan baku buat bikin kue ini. semua terbayar dengan kelezatannya yang bikin merem melek 😉

sempetin nyobain bikin deh, dijamin pasti ketagihan! 😉

Ingredients:
1000 cc fresh milk
250 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
50 gr tepung custard
50 gr maizena
150 gr mentega
6 btr kuning telur -> bisa ditambah max 3 btr
2 btr kelapa muda -> note: tambahin lebih enak
100 gr kenari panggang cincang
kayu manis bubuk

Note: kalo suka dan boleh minum alkohol, tambahin rhum pasta/essence

Topping :
6 btr putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum
kayu manis bubuk

Directions:
1. Panaskan 800 cc fresh milk dan gula pasir
2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
3. Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup. Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
4. Masukkan kenari dan kyu manis bubuk dan rhum essence/pasta
5. Masukkan kuning telur satu persatu
6. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
7. Masukkan adonan kedalam cup sampai ¾ tinggi. Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang—-> saya pake loyang pyrex ukuran sekitar 25 x 30 cm
8. Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
9. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
10. Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk
11. Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.

puding coklat

puding-coklat

waktu saya kecil dulu, saya punya tante yang jago banget bikin puding. sayang sekarang beliau udah ga ada. jadi saya ga bisa minta contekan resepnya. tapi sebagai gantinya, ada paman gugel yang punya bank resep (mungkin) terlengkap di dunia 😀

rasanya? ga kalah enak 😉

puding coklat.
sumber: sedap sekejap

bahan:
3 bks agar-agar putih
1500 ml susu
112,5 gr coklat bubuk (saya mah dikira2 aja. abis yang bikin resep iseng banget ya, kasih ukuran kok ya nanggung gini…)
6 btr kuning telur, kocok lepas
375 gula pasir (yang ini juga saya kurangin dikit, takut kemanisan…)
sedikit garam

cara bikinnya:
1. Aduk rata coklat bubuk, garam dan gula, larutkan dengan sebagian susu, sisihkan
2. Rebus agar-agar dengan sebagian susu sampai mendidih, tuang adonan
coklat bubuk, gula dan susu, aduk rata
3. Tuang beberapa sendok sayur adonan agar-agar ke kocokan kuning telur,
aduk rata, tuang kembali ke adonan agar-agar diatas api, masak sampai
mendidih
4. Matikan api, aduk adonan agar-agar hingga uap hilang (hangat kuku),
tuang ke dalam cetakan sambil disaring biar puding jadinya mulus,
bekukan

Bikin Vla:
Bahan:
2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar 75 gr gula pasir 1 sdm rhum (optional)

Cara bikinnya:
– cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas
kuning telur, satukan. Sisihkan –
– didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang cairan tepung maizena, aduk rata. angkat.