rujak buah

sama seperti banyak perempuan lain di indonesia, saya juga doyaaannn banget makan rujak. lagi hamil muda, lagi hamil tua, sampai saat udah ga hamil lagi, tetep…

favorit saya adalah yang extra pedes, asem dan manis. makannya juga bisa kapan aja. buat camilan sore, saat migren menyerang, atau saat kelaparan.

waktu saya kecil dulu, ga tiap hari saya bisa makan rujak. biasanya saya akan makan rujak bareng sama almarhum papi saya, saat pohon pepaya di belakang rumah kami berbuah.

kadang, kalau nafsu makan rujak ini sudah ga terbendung, sementara di rumah ga ada persediaan buah buat dirujak, saya akan lari ke warung sebelah rumah untuk beli 1-2 bungkus kerupuk kulit. dan menyantapnya dengan sambel rujak 😀

sambel rujak kesenengan saya bikinnya gampang aja. bahannya cuman cabe rawit, garam, gula merah dan asem jawa. kalau pas lagi punya stok, ditambah dengan kacang tanah yang sudah digoreng. semua bahan diulek sampai cukup halus. kalau terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit air.

buah yang bisa dibikin rujak juga macem2. bebas, menyesuaikan dengan musim, selera dan kocek. saya paling suka bengkuang, mangga mengkal, kedondong, jambu air, nanas dan pepaya mengkal.

kalau disuruh milih: makan rujak atau nyuci piring, saya pasti pilih rujak. pasti! 😀

my kids favorite potato salad

kecintaan bianca terhadap kentang keliatannya mulai menular ke benaia dan benezra.

ibu sih senang2 saja. tokh bikinnya ga susah dan bahan2nya juga hampir selalu ada dalam kulkas. 🙂

salad kentang a la ibu

bahan:
– kentang 1/4 kilo. kupas bersih, potong2, rebus hingga matang
– 4 sdm mayones siap pake
– 2 butir telur, rebus, cincang kasar
– 1 sdm susu kental manis
– 2 sdm cream cheese atau 100 gr keju cheddar parut
– 1/2 sdt air jeruk (kadang pake, kadang nggak)

cara bikinnya:
– campur mayones, susu kental manis, dan keju krim/parut.
– campur potongan kentang rebus dengan telur rebus cincang.
– masukan campuran mayones dengan campuran kentang-telur.
– aduk rata semuanya.
– jika suka, simpan dalam lemari es sebentar biar dingin.

tahu isi bakso ikan

lumayaaannn…, buat camilan sore 😉

bahannya:
tahu pong. tahu yang tengahnya kosong.
kalo ga ada tahu pong, bisa pake tahu biasa yang digoreng sampe bener2 kering. abis itu keluarin isinya. yaaa…, jadi sama-sama tahu pong juga yaa… 😛

wortel, secukupnya. kupas kulitnya. iris tipis panjang2 kayak bentuk korek api.

ikan tenggiri. haluskan. bisa pake blender bisa juga dibejek2 pake garpu. campur dengan beberapa sendok tepung sagu. dikira2 aja. kurang lebih 1:1.

bumbu halus: bawang merah, bawang putih, lada bubuk, garam, gula pasir. semua secukupnya aja. disesuaikan dengan selera yang bikin.

sambelnya: cabe rawit merah, rebus sampe lembek. setelah itu haluskan. boleh diulek, atau kalau males diblender aja. campur dengan kecap manis dan saus tomat.

setelah semua bahan siap: potong bagian tengah tahu, jangan sampe putus. kalau mau gampang dan potongannya rapih bisa pake gunting.

campur adonan ikan dan tepung dengan bumbu halus dan wortel. aduk rata.

ambil satu sendok makan adonan ikan yang sudah dibumbui, masukan ke dalam bagian tahu yang sudah dipotong.

kukus hingga matang.

sajikan hangat dengan saus sambelnya.

bola bola udang isi telur puyuh

saya rasa, semua bola emang ada jimatnya. karena entah kenapa, segala sesuatu yang berbentuk bola biasanya disenengin sama anak2. mulai dari kelereng, bola basket, balon, donat, sampe bakso…

berdasarkan penelitian itu lah, bulan lalu saya nyoba bikin 1 jenis bola lagi yang ternyata juga disukai sama anak2. setidaknya anak2 saya 😀

bola2 udang isi telur puyuh

bahan:
– 500 gr udang. kupas, buang kepala dan ekornya, haluskan.
– 2 butir telur
– 15-20 butir telur puyuh, rebus, kupas.
– 2 batang daun bawang, rajang halus
–  siung bawang merah, ulek sampe halus
– garam, gula, lada bubuk secukupnya
– 2 sdm tepung sagu
– tepung roti secukupnya
– minyak untuk menggoreng

cara bikinnya:
– campur udang yang sudah dihaluskan dengan bawang merah, garam, gula, lada, daun bawang dan 1 butir telur. aduk hingga rata.
– tambahkan tepung sagu, aduk lagi.
– bagi adonan udang jadi 15-20 bagian. pipihkan.
– letakan 1 butir telur puyuh di bagian tengahnya, bungkus dan jadikan bulatan seperti bentuk bola.
– celupkan bola2 udang ke dalam 1 butir telur yang sudah dikocok lepas.
– gulingkan bola udang dalam tepung roti
– goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang. angkat.

batagor udang

batagor-udang

waktu terakhir saya main ke bandung, sempet liat bakul batagor masak. keliatannya ga terlalu susah. kalau mau, kita semua pasti bisa bikin sendiri 😀

kalau batagor bandung biasanya dibuat dari daging ikan tenggiri. tapi karena saya cuman punya udang, jadinya saya bikin batagor udang aja 😀

anak2 dan bapaknya bilang sih: uenak banget!!

batagor udang

bahan:
– 500 gr udang. kupas bersih. buang ekor, kulit dan kepalanya. haluskan.
– 4 buah tahu putih besar. potong diagonal hingga berbentuk segitiga, masing2 jadi 4 potong. kalau ga ada tahu putih, pake tahu kuning juga ga kalah enaknya.
– 5 sdm tepung sagu
– 8 siung bawang merah, haluskan
– 2 batang daun bawang, iris halus
– 1/2 sdt pala bubuk
– 1 butir telur
– garam dan gula pasir secukupnya
– minyak untuk menggoreng

cara bikinnya:
campur bawang merah, irisan bawang daun, pala bubuk dan garam dengan udang yang sudah dihaluskan.
– tambahkan telur dan tepung sagu. campur hingga benar2 rata.
– buat sedikit lubang di permukaan tahu, isi dengan campuran udang.kalau ga mau ada bagian tahu yang terbuang, adonan udang bisa langsung ditempelkan di permukaan tahu dengan agak ditekan2 sedikit.
– deep fry batagor dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. angkat.

sambel kacang:
goreng kacang tanah hingga matang.
– haluskan kacang goreng dengan bawang putih yang sudah digoreng dan cabe merah yang sudah dibuang bijinya. tambahkan garam dan gula pasir secukupnya.
– tambahkan air panas secukupnya.
.batagor-udang2

penyajian batagor:
– potong2 batagor dan letakan di atas piring saji
– siram dengan sambal kacang
– tambahkan kecap manis sesuai selera
– tambahkan tetesan perasan jeruk limau.
– siap disantap.