banana cake

rindu sama kuwe bolu yang biasa dibikin nyokap waktu saya kecil dulubukan sponge cake yang lembut dan menul2 seperti yang sering saya bikin. tapi pound cake alias butter cake yang berat dan suka bikin seret itu… hehehe…

dan karena kebetulan di rumah banyak persediaan pisang buat cemilan orang yang lagi diet, jadilah saya bikin cake pisang saja. kan resep dasarnya sama kayak bikin butter cake kebanggaan nyokap itu…

pisangnya saya pake pisang mas yang rasanya udah manis banget, jadi gula yang dipake dalam resep ini ga usah banyak2.

banana cake a la lesca
bahan:
75 gr gula pasir
4 butir telur
175 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
6 buah pisang emas (sekitar 250 gr), haluskan
100 gr mentega, cairkan

cara bikinnya:
– kocok gula dan telur sampai mengental, sisihkan.
– campur terigu dan baking powder, sisihkan
– haluskan pisang dengan menggunakan garpu (diteken2 sambil dibejek2 😀 )
– masukka tepung dan pisang yg sudah dihaluskan ke dalam telur kocok. aduk rata. kalau diaduknya pake mixer, turunkan kecepatannya ke 1.
– tuangin mentega cair, aduk lagi sampai rata.
– tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega tipi2 dan ditaburi sedikit tepung.
– panggang hingga matang.

pisang keju

pisang-keju

kapan hari, saya dapet kiriman pisang pontianak rada banyak. dibikin pisang goreng udah. dibikin kolak juga udah, walaupun ga begitu laku 😛 masih ada sisa, iseng2 bikin pisang bakar keju. ternyata enak juga ya 😀

bikinnya gampang banget kok. pisang dikupas, terus diolesin mentega. abis itu dipanggang di atas pan atau penggorengan yang dilapisi teflon. sambil dipanggang sambil diteken2 sampe rada penyet. kalau udah mateng di satu sisi, balik.

kalo udah mateng kedua sisinya, angkat. siram dengan madu, terus kasih taburan keju parut.

mudah, dan enak 😀