bebek panggang

bebek-panggang

abis lebaran kemarin, saya dapet oleh2 2 ekor bebek dari si mbak yag mudik ke serang. banyak juga ya… 😛 sebagian udah digoreng. tadinya sisanya mau dimasak bebek rica. tapi kok potongannya ga matching. bebek rica kan enaknya dipotong kecil2, jadi bumbu bisa bener2 ngeresep. lha ini, bebeknya dikasih udah dalem kondisi dipotong gede2.

iseng2 nyoba dipanggang, enak juga. cuman sekali lagi, kalau mau mengolah daging bebek, handling dan bumbu rempahnya emang ga boleh ngawur. other wise bau amsi daging bebek bisa bertahan terus sampai di meja makan.

bahan:
– 1 ekor bebek, potong2 sesuai selera
– 2 sdm perasan air jeruk nipis
– 5  lembar daun salam
– 3 btg serai, memarkan
– 5 lembar daun jeruk, rajang kasar
– kurleb 1 ltr air

bumbu halus:
– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 6 btr kemiri
– 3 cm jahe
– 3 cm lengkuas
– 1 sdt ketumbar, sangrai
– garam, gula dan lada bubuk secukupnya

cara bikinnya:
– lumuri potongan bebek dengan perasan air jeruk nipis.
– taruh potongan bebek dalam panci. tambahkan daun salam, serai, daun jeruk, bumbu halus, dan air
– masak dengan api sedang hingga bebek matang dan empuk, angkat.
– panggang potongan bebek sambil sekali-sekali di balik hingga seluruh permukaannya mengering.

bebek goreng

bebek-goreng

di rumah kami, semuaaaa doyan bebek. jaman dulu sih, biasanya kalau lagi pengen makan begor, kami suka beli yang udah mateng. tapi setelah iseng2 nyoba, ternyata bikinnya ya ga terlalu susah2 banget.

kalau dibandingin sama ngolah ayam, masak bebek emang sedikit lebih ribet. karena daging bebek lebih keras dibandingkan ayam, waktu buat memeasaknya juga jadi lebih lama. disamping itu daging bebek juga perlu lebih banyak bumbu rempah buat ngilangin bau amisnya.

bebek goreng
bahan:
1 ekor bebek entog, bersihkan. potong jadi 4-8 bagian. bergantung sama ukuran bebek dan sesuai selera
– 3 sdm air perasan jeruk nipis atau cuka
– 10 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 8 butir kemiri
– 1 ruas jahe, kurleb 5 cm
– 1 ruas kunyit, kurleb 5 cm
– lengkuas, geprek
– 5 batang serai, ambil bonggolnya sepanjang kurleb 8 cm. geprek.
– 10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya. rajang kasar.
– garam, air dan minyak goreng secukupnya

cara bikinnya:
– cuci bersih potongan bebek. lumuri dengan air perasan jeruk nipis/cuka dan sedikit garam. diamkan selama 15 menit. setelah itu cuci dengan air bersih.
– haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe dan garam .
– lumuri daging bebek yang sudah dicuci bersih dengan bumbu halus. aduk rata.
– tambahkan serai, lengkuas dan daun jeruk. aduk lagi. diamkan selama kurleb 1 jam di dalam lemari es.
– rebus daging bebek dengan menambahkan air dan garam secukupnya. masak hingga daging bebek benar2 empuk. angkat.
– siapkan minyak panas untuk menggoreng.
– deep fry bebek hingga berwarna kecoklatan. angkat. siap disantap 😀


bebek bumbu erwe versi semi pro :D

bebek-bumbu-er-we

duluuu…, saya udah pernah posting resep ini. tapi jaman segitu saya masih amatir. sekarang, setelah beberapa puluh kali bikin, saya udah sedikit lebih pinter 😀

basically, bumbu2 yang dipake tetep sama. cuman ada beberapa tips pengolahannya aja yang rada disempurnakan.

buat yang belum pernah nyoba, ga usah shock dengan takaran bumbu terutama cabe rawit yang dipake dalam resep ini. walaupun rawit nya segambreng, tapi rasa pedesnya ga terlalu membunuh kok, mungkin karena sebagian keserep sama bumbu lainnya terutama rempah daunnya 😀 tapi biar ga terlalu kaget, kalau baru mau nyoba ada baiknya rawitnya ga usah banyak2 dulu.

bumbu-bebek-rica

bahan:
– 1 ekor bebek (preferably meri), bersihkan.
– 1 sdm air perasan jeruk nipis
– 6 sdm minyak sayur
– cabe rawit 1/4 kilo.
– bawang merah 15 siung
– bawang putih 10 siung
– jahe kurleb 5 cm
– kunyit kurleb 5 cm
– lengkuas kurleb 5 cm
– sereh 10 batang, geprek
– daun jeruk 20 lembar
– garam secukupnya
– daun kemangi 8 tangkai, buang batangnya

bebek-bumbu-er-we-being-cooked

cara bikinnya:
–  bakar bebek utuh di atas api beberapa menit sampai keluar minyaknya. saya ga selalu bisa, soalnya kadang saya minta tolong tukang bebek di pasar untuk langsung motong2 bebeknya. secara di rumah ga punya parang atau pisau yang cukup gede dan tajem buat motong.
– potong bebek kurleb segede2 2x jempol orang dewasa. lumuri dengan air perasan jeruk nipis. sisihkan.
– tumbuk semua bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jahe, kunyit, lengkuas, sere dan daun jeruk)
– campur bumbu halus dengan potongan daging bebek, aduk rata.
– tambahkan minyak sayur, aduk rata lagi.
– masak daging yang sudah dicampur bumbu di atas api kecil hingga daging empuk. it might take some times. jangan lupa sesekali diaduk supaya bagian bawahnya ga gosong.
– masukan daun kemangi, aduk lagi.
– tambahin garem secukupnya.
– kalau bebek masih kuragn empuk, bisa ditambahin sedikit air. kalau sudah empuk, matikan apinya.

notes:
– kalau rajin ngangetinnya, bebek bisa tahan sampai 3 hari. makin lama, rasanya malah makin enak 😀 tapi ya jangan lama2 banget… 😛
– kalau bebek mulai jadi kering, tambahkan sedikit minyak goreng saat diangetin.

bebek bumbu er we

bebek-bumbu-erwe

mumpung libur, mari memasak bebek bumbu erwe. efek seuhahnya bisa bantu menghilangkan kantuk dan suntuk 😀

yuk, mari…!!!

Ingredients:
– 1 ekor bebek, bersihkan, potong2. (saya potong kurleb segede2 2 jempol)
– Cabe rawit, sekuatnya. tadi saya pake kurleb 1/4 kilo.
– bawang merah 15 siung
– bawang putih 10 siung
– jahe kurleb 8 cm
– kunyit kurleb 5 cm
– lengkuas kurleb 5 cm
– sereh 5 batang, geprek
– daun jeruk 5 lembar
– garam secukupnya

Directions:
– haluskan semua bumbu, kecuali daun jeruk, kemangi dan sere
– rajang halus daun jeruk dan sere
– rajang kasar kemangi
– tumis bumbu halus sampai harum, angkat
– campur bumbu dengan daging bebek sambil diremas2. biarkan kurleb 1/2 jam
– masak daging dengan api kecil
– tambahkan kurleb 300 cc air
– masak sampe daging empuk. kurleb 1 jam.
– sesudah daging hampir matang, masukkan rajangan sere, daun jeruk dan daun kemnagi
– tambahin garem secukupnya.
– kalau bebek masihkurang empuk, tambahin lagi airnya dikit. masak sampai tingkat keempukan yang diinginkan.