Nasi Shirataki untuk Diet Rendah Kalori.


Beberapa waktu yang lalu seorang teman mengenalkan saya sama beras shirataki. Kabarnya beras ini hamper tidak tidak ada kandungan kalorinya. Rendah karbohidrat dan bebas lemak. Cocok banget buat orang yang sedang menjalankan diet rendah kalori.Selain itu, beras ini juga punya kandungan serat yang tinggi dan bersifat gluten free, cocok buat mereka yang memiliki alergi gluten juga mereka yang menderita diabetes.

Nasi shirataki ini memang bukan berasal dari padi, tapi terbuat dari iles-iles, sejenis umbi biasanya tumbuh di tengah hutan. Konon, saat masa penjajahan Jepang, umbi ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Soal rasa, shirataki ini memiliki rasa yang hamper sama dengan nasi pada umumnya. Yang membedakan nasi Shirataki dengan nasi biasa, yakni teksturnya yang agak kenyal dan transparan.

Minggu lalu saya nyoba masak nasi shirataki ini. Masaknya agak beda dengan masak nasi dari beras padi. Setelah dicuci bersih, beras shirataki dimasak dalam air mendidih selama 20-30 menit. Tergantung jumlah beras yang kita masak. Setelah itu nasi kita tiriskan sampai benar2 kering. Setelah itu nasi siap untuk disantap.

Nasi yang berlebih bisa dimasukan dalam lemari es, dan dihangatkan lagi saat mau dimakan. Menghangatkannya bisa dengan cara dikukus, atau dipanaskan dengan menggunakan microwave.

Kemarin saya sempat dibantu Iyek bikin video masak nasi shirataki ini, sayang Iyek bikinnya asal2an karena mau buru2 main game.

Videonya bisa diliat di YouTube Channel saya yaa…

Selamat mencoba buat yang mau mencoba 😀

 

 

 

 

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s