beef stroganoff: tumis daging a la russia

25 10 2013
_DSC0470 - Version 2

Beef Stroganoff or Beef Stroganov is a Russian dish of sautéed pieces of beef served in a sauce with sour cream. From its origins in 19th-century Russia, it has become popular around the world, with considerable variation from the original recipe.

karena pertama kali saya makan beef stroganoff ini di glossis  dago, dulu saya pikir itu adalah makanan sunda :D

ternyata bikinnya ga terlalu susah, dan rasanya wuenak pol jipol!!

beef stroganoff a la me.
bahan:
- 1/2 kilo daging sapi has dalam
- 150 gr jamur kancing, iris tipis2
- 2 sdt mustard
- 1 butir bawang bombay ukuran sedang, rajang kasar
- 5 butir bawah putih, rajang halus
- 3 sdm saos tomat
- 200 ml sour cream (kalau ga ada, pake krim kental juga enak)
- garam dan lada secukupnya
- olive oil dan mentega secukupnya

cara bikinnya:
- lumuri daging iris dengan mustard dan sedikit garam. diamkan sekitar 30 menit.
- panaskan olive oli dan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
- tumis daging hingga berubah warna
- masukan irisan jamur, masak daging dan jamur sampai empuk.
- tambahkan saos tomat dan sour cream, aduk rata.
- tambahkan garam dan lada secukupnya.
- masak lagi hingga krim meletup2.
- angkat, siap disajikan. anak2 saya paling suka makan beef stroganoff ini sama mashed potato.

mashed potato:
rebus/kukus ketang hingga masak, haluskan. tambahkan mentega, susu, parutan keju. aduk rata.





spicy aglio olio with salmon

29 08 2013

Image

doesn’t it look yummy?
let me tell you, it tastes even better!

spicy aglio olio with salmon

bahan:
- pasta spaghetti
- bawang putih, cincang halus
- cabe merah kering
- cabe rawit
- garam
- lada
- italian herbs (saya pake perfect pinch nya mr. cormick. sudah mengandung oregano, basil, thyme dan rosemary)
- olive oil
- air perasan jeruk lemon
- daging salmon fillet

cara bikinnya:
- rebus pasta dengan sedikit garam hingga matang, tiriskan. tambahkan sedikit olive oil supaya pasta ga lengket, aduk rata. sisihkan.
- campur olive oil, perasan jeruk lemon, bawang putih yang sudah dicincang halus, garam dan italian herbs. semua dalam jumlah secukupnya, dikira2 saja.
- rendam salmon dalam campuran olive oil, sisihkan.
- panaskan sedikit olive oil di wajan, tumis bawang putih hingga harum. masukan potongan cabe rawit dan cabe kering, aduk rata.
- masukan pasta, aduk rata.
- tambahkan garam, lada halus, dan italian herbs sesuai selera.
- angkat sisihkan.
- panaskan pan/wajan anti lengket. grill salmon kurang lebih 3 menit masing2 sisi. angkat.
- sajikan pasta dengan salmon.





vegan avocado chocolate muffin

29 07 2011

 

beberapa waktu yang lalu, tiba2 saja saya kangen berat sama avocado cake. jaman saya kecil dulu, almarhum papi suka sekali makan cake ini. kalau mood lagi bagus, biasanya hari minggu, kami akan jalan pagi ke daerah ciburuy di padalarang. di daerah sana banyak buah alpukat yang dijual dipinggir2 jalan. rasanya enak sekali. kadang2, sepulang dari jalan pagi, papi akan mengajak saya mampir untuk beli sekilo buah alpukat. beliau paling suka makan alpukat yang dihaluskan (seperti pure), lalu dicampur dengan gula, susu dan sedikit kopi. mungkin maksudnya mau dibikin juice. tapi karena jaman segitu kami ga punya blender, jadilah alpukatnya di bebek2 aja sampe ancur :D

lalu pada suatu saat, kami diperkenalkan dengan bolu alpukat aka avocado cake oleh seorang kerabat kami. dan sejak itulah, saya jatuh cinta dengan avocado cake. rasanya saya masih bisa mengingat, aroma yang merebak dari dalam oven saat cake ini dipanggang.

maka, ketika beberapa waktu yang lalu saya dapet kiriman alpukat mateng pohon dari seorang teman, saya langsung menyusun rencana buat mengolah sebagian alpukat itu jadi cake. setelah browsing sana sini, pilihan jatuh pada resep ini. rasanya memang ga sama dengan bolu alpukat masa kecil saya dulu. tapi dengan mempertimbangkan diet dan umur, rasanya resep ini jauh lebih pantas :D

so, setelah mengalami sedikit adaptasi, inilah jadinya:

vegan avocado chocolate muffin
bahan:
1 1/2 cups tepung terigu
2 sdm coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1 buah alpukat, ambil dagingnya, haluskan.
1/2 cup maple syrup
3/4 cup rice milk
2 sdm olive oil

cara bikinnya:
-
campur dan aduk: terigu, coklat bubuk, baking powder, baking soda dan garam
- campur alpukat yang sudah dihaluskan dengan maple syrup, rice milk, dan olive oil. aduk hingga rata.
- tambahkan campuran alpukat ke dalam campuran terigu, lalu aduk lagi hingga benar2 rata.
- masukan adonan dalam cetakan muffin, panggang dalam oven hingga matang.

pesan tambahan dari resep aslinya: These muffins are super moist and may break if you remove them from the pan while they are still hot.





nasi tumpeng

4 07 2011

walaupun jaman sudah modern, saya masih sangat mencintai nasi tumpeng. #kalimat majemuk tidak setara dan tidak terlalu berhubungan#

buat saya, nasi tumpeng ga cuman kaya dengan rasa, tapi juga sarat filosofi ;-)

ada banyak jenis tumpeng dalam tradisi jawa, diantaranya:

- ada tumpeng nasi putih (biasanya disajikan dalam acara2 sakral/keagamaan),
- tumpeng robyong (disajikan pada acara siraman atau mantenan adat jawa),
- tumpeng pungkur (saya sering bilang tumpeng horor, karena disajikan saat ada orang yang meninggal),
- tumpeng nasi uduk/nasi santan (sering juga disebut tumpeng sasyakuran),
- tumpeng nujuh bulanan (disajikan saat perayaan kehamilan usia tujuh bulan),
- tumpeng nasi kuning, tumpeng yang biasa disajikan pada acara2 yang menyenangkan. seperti kelahiran anak, ulang tahun, atau sukuran dapet jodoh buat yang masih jomblo :D
- dan lain2, yang saya belum ngerti artinya :D

konon, kata tumpeng berasal dari akronim bahsa jawa: yen metu kudu sing mempeng (bila keluar harus dengan sungguh-sungguh). maksudnya mungkin kalau kita ngapa2in itu harus serius dan sungguh2. jangan asal2an atau setengah2. sementara  lauk pauk yang biasa menghiasi nasti tumpeng menurut tradisi berjumlah 7 macam. angka 7 dalam bahasa jawa adalah pitu, maksudnya Pitulungan (pertolongan).

#saya rasa, orang jawa memang suka sekali bikin akronim. mulai dari pak harto yang bikin kelompencapir. sampai anak muda jaman sekarang yang bikin “kalah curhat”: kau telah mencuri hatiku…. #

jaman sekarang, tumpeng udah banyak mengalami modifikasi. mereka yang bosen dengan tumpeng bentuk kerucut, mulai nyoba bentuk arsitektur lain seperti piramida atau bentuk kotak/lingkaran yang disusun mengecil ke ke atas (kayak model kue ulang tahun). ada juga yang bereksperimen dengan bentuk  oval, bahkan jantung hati. apakah bentuk arsitektur baru itu masih bisa disebut sebagai nasi tumpeng? entahlah. saya dulu kuliah di jurusan akuntasi ;-)

dari sekian banyak jenis tumpeng, yang jadi favorit saya tentu saja tumpeng nasi kuning. walaupun sekarang sudah ada sushi tei dan mc donald, saya masih sering menyajikan tumpeng nasi kuning ini untuk acara2 sukuran keluarga di rumah. seperti saat ada yang berulang tahun, sukuran pindah rumah, atau sukuran udah bisa nyetir :D

ada 2 alasan kenapa saya suka sekali dengan tumpeng nasi kuning. pertama  karena rasanya yang enak bukan buatan. dan yang kedua karena saya ingin turut melestarikan tradisi dan budaya bangsa. sama sekali ga ada hubungannya sama sajen atau dewa dewi di gunung semeru.

saya yakin bayak orang yang doyan menyantap nasi tumpeng, tapi mungkin ga semuanya ngerti filosofi yang ada dibaliknya. setiap bentuk dan lauk nasi tumpeng punya arti sendiri2.

tumpeng nasi kuning
bentuk tumpeng yang menjulang menyerupai gunung menggambarkan kemakmuran sejati. air yang mengalir dari gunung akan menghidupi tumbuh-tumbuhan. sementara nasi yang warnanya kuning menggambarkan kejayaan dan kesuksesan. (#mungkin itu sebabnya kenapa orang2 kaya suka pake perhiasan emas yang kuning kinclong ya?#)

ayam ingkung
yaitu ayam jago (jantan) yang dimasak utuh (ingkung), adalah symbol menyembah Tuhan dengan khusuk (manekung) dengan hati yang tenang (wening). menyembelih ayam jago juga mempunyai makna menghindari sifat-sifat buruk yang dilambangkan oleh ayam jago, antara lain: sombong, congkak, kalau berbicara selalu menyela dan merasa tahu/menang/benar sendiri (berkokok).

ikan lele atau bandeng
ikan lele tahan hidup di air yang tidak mengalir dan di dasar sungai. ini merupakan simbol ketabahan, kesabaran dan keuletan serta kemampuan untuk bertahan hidup dalam situasi ekonomi yang paling sulit sekalipun. sementara ikan bandeng yang punya banyak duri, adalah simbol dari rejeki yang berlimpah.

teri pethek
teri/gereh pethek adalah simbol kebersamaan dan kerukunan. karena di laut, mereka selalu hidup bersama2/bergerombol. kecuali kalau ada 1-2 teri yang kesaasr, seperti nemo :D

telur
telur lauk nasi tumpeng biasanya dimasak pake bumbu pindang,  dan disajikan utuh dengan kulitnya.ketiga bagian/lapisan telur ini (kulit, putih telur dan kuning telur) adalah simbol dari etos kerja yang baik. yaitu terencana, tepat perhitungan dan diselesaikan dengan tuntas.

sayur mayur
jenis sayur mayur yang biasa disajikan sebagai lauk tumpeng antara lain:

- kangkung,untuk jinangkung yang berarti melindung, tercapai.
- bayam (bayem), untuk ayem, tentrem,
- taoge/cambah, melambangkan sesuatu yang tumbuh,
- kacang panjang, menggambarkan pemikiran yang jauh ke depan. ada juga yang bilang, kalau kacang panjang juga bicara tentang umur panjang.
- brambang (bawang merah) yang melambangkan mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang baik buruknya,
- cabe merah diujung tumpeng merupakan symbol dilah/api yang meberikan penerangan/tauladan yang bermanfaat bagi orang lain.
-kluwih, berarti linuwih atau mempunyai kelebihan dibanding lainnya.

anyway,

tumpeng atau nasi kuning pada umumnya dimasak dengan menggunakan bumbu kunyit dan santan. tapi karena saya lagi diet, maka nasi kuning bikinan saya ini sama sekali ga mengandung santen. malah, dalam rangka meningkatkan konsumsi serat, nasi kuningnya saya kasih campuran agar2 bubuk. rasanya? ga kalah enaknya sama nasi kuning yang bersantan. malah lebih enak, karena makannya ga pake mikir atau merasa bersalah :D

nasi kuning tanpa santan a la lesca.
bahan:
1 kg beras
100 gr kunyit, kupas, parut, peras airnya. supaya warna kuningnya bagus, pilih kunyit yang sudah tua
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
2 lembar daun pandan
2 batang serai, memarkan
k/l 1 liter air
1 bungkus agar2 bubuk tanpa warna
minyak untuk menumis
garam secukupnya

cara bikinnya:
- haluskan bawang merah, bawang putih dan sedikit garam, tumis hingga harum
- masukan serai, daun jeruk, daun salam dan daun pandan, aduk rata
- tambahkan air, biarkan sampai mendidih
- masukan air perasan kunyit, aduk
- tambahkan garam secukupnya
- masukan beras yang sudah dicuci bersah
- masukan bubuk agar2, aduk rata
- masak beras hingga airnya sat
- kukus beras hingga matang.






sambel goreng udang

13 06 2011

bumbu2nya sama dengan sambel goreng kentang. cuman sambel goreng udang ini ga pake santen. karena kaldu udangnya sendiri sudah gurih banget.

kalau mau dibikin versi pedes, bisa ditambahin cabe rawit. tapi cabe merah keritingnya jangan diilangin. karena menurut saya, aroma khas cabe keriting ini adalah pelengkap identitas si sambel goreng :D

bahan:
- 500 gr udang, bersihkan, buang kepala dan kupas kulitnya.
- 5 siung bawang putih
- 8 siung bawang merah
- 5 butir kemiri
- 8 buah cabe merah
- minyak goreng, air, garam dan gula merah secukupnya.
- lengkuas, kurleb 3 cm
- 5 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk

cara bikinnya:
- haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah
- tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan lengkuas yang sudah digeprek, daun salam dan daun jeruk.
- masukan udang, aduk.
- tambahkan air, garam dan gula secukupnya.
-  tutup wajan, masak hingga udang matang. angkat.





kolak biji salak

9 05 2011

mendadak pengen makan kolak biji salak!

kalau pas bulan puasa sih, gampang bener nyari  kolak ini. tiap menjelang jam buka, banyak orang yang jualan. mulai dari supermarket, warung2 pinggir jalan, sampe pedagang asongan. tapi karena sekarang bukan bulan puasa, kalau mendadak ngidam kolak biji salak ini pilihannya ya cuman dua. ngiler, atau nyari ubi ke pasar, terus bikin sendiri di rumah :D

di makan anget2 sambil nongkrong di kebon belakang rumah. nikmaaaatttt… ;-)

kolak biji salak

bahan:
1/2 kilo ubi jalar merah
2 sdm tepung kanji
1/4 sdt garam
1/4 kilo gula jawa
250 air
250 ml santan
2 lembar daun pandan
garam secukupnya

cara bikinnya:
- kukus ubi jalar hingga matang, angkat.
- tumbuk halus ubi selagi masih hangat
- pisahkan 2 sdm ubi yang sudah dihaluskan buat dipake mengentalkan kuahnya nanti
- campur ubi dengan tepung kanci dan garam sampai tercampur rata.
- bentuk bulat2 seperti biji salak dengan ukuran kurang lebih sebesar ibu jari
- didihkan air secukupnya, masukan biji2 salak, masak hingga biji salak terapung, angkat dan tiriskan.
- masak gula jawa dengan 250 ml air hingga larut
- tambahkan 2 sdm ubi jalar halus yang tadi dipisahkan, daun pandan dan garam, aduk rata hingga kuah mengental
- masukan biji salak, masak sebentar sampai semua tercampur rata. angkat.
- untuk saus siramannya, campur santan, garam dan daun pandan, masak hingga mendidih, angkat dan tiriskan
- sajikan biji salak hangat dengan siraman saus santan.





lontong tahu petis

1 04 2011

ini sebenernya bikinnya udah lama banget, cuman mau posting lupa melulu…

lontong tahu petis ini spesial dibikin buat bapak. petisnya pake petis udang kiriman dan sidoarjo. kerupuknya juga pake kerupuk kupang dari sidoarjo. lumayan, buat obat buat yg lagi kangen sidoarjo… :D

lontong tahu petis
bahan:
- lontong atau ketupat
- taoge/cambah. bersihkan, buang ekor dan kepalanya, rebus sebentar.
- tahu goreng
- kerupuk (saya pake kerupuk kupang, bisa juga pake kerupuk udang)
- sambel petis

cara bikinnya:
- siapkan dalam piring saji: potongan lontong/ketupat, potongan tahu goreng dan cambah yang sudah direbus
- siram dengan bumbu petis, secukupnya
- taburi kerupuk
- siap deeehhh… :D








Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 625 other followers