sate padang

31 05 2009

sate-padang

ternyata bikinnya ga terlalu susah. walaupun bumbu2nya lumayan banyak, tapi semua gampang didapat. bisa di super market, atau di pasar2 tradisional juga banyak.

biasanya bahan dasar sate padang adalah lidah sapi. tapi kalau ga ada, bisa diganti sama daging sapi. daging di bagian pipi sapi adalah yang teksturnya paling mirip sama lidah.

di tanah aslinya, sate ini dibakar sesaat sebelum disajikan dengan menggunakan arang dari tempurung kelapa. tapi karena alasan kepraktisan, kemarin saya manggang satenya di atas kompor, pake teflon aja. lagi males manjat2 pohon kelapa. hehehehe😀

bumbu-sate-padang

bahan:

lidah sapi
air untuk merebus
1 lbr daun kunyit
10 lbr daun jeruk purut
5 btg serai memarkan
k/l 1 sdm asam kandis
10 buah cabe merah
2 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt merica bulat
1 sdm jintan, sangrai
15 siung bawang merah
8 siung bawang putih
k/l 3 cm kunyit, cingcang
k/l 3 cm jahe, cingcang
k/l 5 cm lengkuas, memarkan
garam secukupnya
50 gr tepung beras

cara bikinnya:
– rebus lidah dengan semua bumbu sampai empuk.

sate-padang-step1

– setelah empuk, angkat. buang bagian atas lidah yang kasar, potong2 kurleb 2 x 2,5 cm. tusukkan 4-5 potongan lidah di bamboo screwer (tusuk sate)

sate-padang-step2

– bakar/panggang sate yang sudah diolesi sedikit minyak goreng, sebentar saja, sampai tercium bau harumnya. angkat

sate-padang-step3

– ambil kurleb 500 cc kuah kaldu, didihkan di atas api. larutkan tepung beras dengan sedikit air. masukan larutan tepung beras ke dalam air kaldu. masak sambil diaduk2 sampai kuah menjadi kental.

sate-padang-step4

– siramkan saus kental di atas sate. sajikan dengan taburan bawang goreng dan lontong/nasi.


Actions

Information

5 responses

31 05 2009
demi cinta « my lovely berries

[…] perlu resepnya ada di sini […]

1 06 2009
Lisa

Djeung Les, satenya ngga dicampur daging yah ? kalo pake daging, ambil bagian apa ?

2 06 2009
lescaboma

waktu bikin pertama kali aku campur pake daging sapi lis. aku pake khas dalam. tapi yang nyoba kedua kali aku cuman pake lidah ajah…😀

kalau mau dicampur, lidahnya direbus duluan sampai setengah empuk. setelah dibersihin dan dipotong2 terus direbus lagi barengan sama daging dan bumbu2 nya. soalnya kalau direbus barengan biasanya matengnya ga bareng.

kalau aku kemarin dagingnya dipotong2 dulu baru direbus bareng sama lidah yang udah dipotong2 juga.

1 06 2009
yendoel

*bego yah gua* dah makan sate padang berpuluh2 tahun, gak tau kalo di dalamnya gak mengandung santan.
sayang di sini gak ada daun kunyit, daun jeruk purut, serai, asam kandis, ketumbar, jintan, lengkuas. jadi mendingan tunggu paket sate padang dari dirimyu …wkwkwkwkk!!!

2 06 2009
lescaboma

hehehehe…, bereeesss…!!!
dikirim kemana nih?😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: